Empat Bapaslon Mendaftar di KPU Boven Digoel, Yusak Yaluwo – Yakobus Weremba Bapaslon Papua-Papua

Yusak Yaluwo didampingi Yakobus Weremba memberikan pengarahan kepada para pendukung sesaat sebelum melakukan pendaftaran di KPU Boven Digoel/PHamuhatu/Facebook.com

TANAH MERAH, Tribun-Arafura.com — Empat Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati-Wakil Bupati telah mendaftar di KPU Boven Digoel untuk bertarung di Pilkada Serentak 2020. Mengacu pada jadwal KPU, pendaftaran dilakukan berturut-turut pada Jumat (04/09/20), Sabtu (05/09/20) dan Minggu (06/09/20).

Bapaslon pertama adalah Martinus Wagi, SP- Isak Bangri, SE mendaftar pada Jumat 4 September, pukul 14.00 WIT. Mereka didukung oleh dua partai politik yaitu PDIP (4 kursi) dan PKS (1 kursi).

Bapaslon kedua adalah Yusak Yaluwo, SH.,M.Si – Yakobus Weremba, S. PAK yang mendaftar pada Sabtu 5 September, pukul 11.00 WIT. Yusak Yaluwo – Yakobus Weremba diusung tiga partai politik yaitu Partai Demokrat (3 kursi), Partai Perindo (2 kursi) dan Partai Golkar (2 kursi).

Bapaslon ketiga adalah Lukas Ikwaron, S. Sos., MM- Lexi Romel Wagiu, mendaftar pada Sabtu, 5 September, pukul 16.00 WIT. Bapaslon ini didukung Partai Gerindra (2 kursi) dan Partai Nasdem (2 kursi).

Sedangkan Bapaslon keempat adalah Haji Chaerul Anwar, ST – Nathalis Belarminus Kaket, yang mendaftar pada Minggu, 6 September, pukul 16.00 WIT. Bapaslon ini diusung dua partai politik yaitu PPP (3 kursi) dan PKB (1 kursi).

Keempat Bapaslon melakukan pendaftaran diiringi para pendukungnya dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan Covid-19.

Dari pantauan media ini, keempat Bapaslon yang mendaftar telah memenuhi persyaratan pencalonan dan persyaratan calon sebagaimana diamanatkan dalam pasal 4, pasal 5, pasal 39 dan pasal 42 PKPU Nomor 1 Tahun 2020.

Yusak Yaluwo – Yakobus Weremba satu-satunya Bapaslon Papua-Papua

Menelisik asal-usul tiap Bapaslon, ternyata Yusak Yaluwo – Yakobus Weremba adalah satu-satunya Bapaslon Papua-Papua, memenuhi harapan masyarakat Papua akan Papuanisasi dalam konteks NKRI melalui rekrutmen politik yang mengutamakan Orang Asli Papua.

Pasangan ini pun dianggap merupakan solusi atas demonstrasi masyarakat Boven Digoel beberapa waktu lalu yang menuntut partai politik agar mengutamakan OAP dalam rekrutmen politik Pilkada serentak 2020. [TA]

About Tribun Arafura (297 Articles)
Media Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: