Uskup Mandagi Kutuk Aksi Pembunuhan Marius Betera

Administrator Keuskupan Agung Merauke Mgr. Petrus Canisius Mandagi MSC.@Ist

MERAUKE, Tribun-Arafura.com — Administrator Keuskupan Agung Merauke Mgr. Petrus Canisius Mandagi MSC mengutuk aksi pembunuhan terhadap Marius Betera, pekebun yang meninggal dunia di Klinik Klinik PT. TSE POP A di Camp 19 Asiki setelah sebelumnya dianiaya oleh Brigpol Melkianus Yowei, Sabtu (17/05/20) pekan lalu.

Baca juga : Protes Kebunnya Digusur PT Tunas Sawa Erma, Marius Betera Dianiaya Polisi Hingga Meninggal Dunia

“Sebagai pemimpin Gereja Katolik Keuskupan Agung Merauke, kalau memang benar ada pembunuhan terhadap seorang Papua dan sekaligus anggota umat Katolik, maka saya mengutuk dengan keras pembunuhan itu dengan alasan apapun,” kata Uskup Mandagi dalam rilis yang diterima Tribun-Arafura.com, Senin (18/05/20) pagi.

Menurut Uskup Mandagi, pembunuhan pada siapapun adalah kejahatan melawan kemanusiaan. “Siapapun yang melaksanakan pembunuhan itu, apalagi kalau dia adalah aparat keamanan, harus segera ditangkap, diadili dan dihukum seberat-beratnya,” tegasnya.

Uskup Mandagi mengatakan, si pembunuh itu harus secepatnya ditangkap dan proses hukum dilaksanakan.

“Pemimpin kepolisian di tempat itu harus juga diperiksa. Keadilan harus ditegakkan. Juga, harus diperiksa pemimpin perusahaan Korindo,” pinta Uskup.

“Jangan hanya karena mencari keuntungan ekonomi, maka manusia dikorbankan. Orang Papua bukanlah binatang, yang seenaknya boleh diperlakukan kasar, keras, apalagi dibunuh. Orang Papua seperti manusia-manusia lain adalah gambaran Allah,” kata Uskup.

Menurut Uskup Mandagi, Polisi yang ditempatkan di Papua adalah aparat keamanan. Itu berarti polisi mengamankan semua rakyat, bukan hanya rakyat yang bekerja di perusahaan.

“Kalau ada masalah, dialog harus diutamakan, bukan masalah diselesaikan dengan kekerasan,” tegasnya.

Sementara itu Direktur Sekretariat Keadilan dan Perdamaian Keuskupan Agung Merauke, Pastor Anselmus Amo, MSC yang dihubungi media ini menyatakan turut berbelasungkawa dan mendoakan keselamatan jiwa almarhum Marius Betera dan berharap keadilan dapat ditegakkan.

“Kami turut berbelasungkawa dan mendoakan keselamatan jiwa Marius Betera. Semoga keluarga korban mengalami kekuatan di tengah kedukaan ini. Semoga ditegakkan Keadilan bagi keluarga korban. Dan ke depan tidak terjadi lagi kekerasan di atas tanah ini,” demikian Pastor Amo. [TA]

About Tribun Arafura (328 Articles)
Media Online

1 Trackback / Pingback

  1. Kasus Pembunuhan Marius Betera, Tigor Hutapea : Polda Papua Harus Usut Tuntas! – Tribun Arafura

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: