OPM-TPNPB Ucapkan Selamat Atas Terpilihnya Bob Loughman Sebagai PM Vanuatu

Ketua OPM-TPNPB Jeffrey Bomanak (tengah) mengucapkan selamat atas terpilihnya Bob Loughman sebagai PM Vanuatu ke-24 menggantikan Charlot Salwai.@Tribun-Arafura.com

VICTORIA, Tribun-Arafura.com — Organisasi Papua Merdeka dan sayap militernya Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (OPM-TPNPB) mengucapkan selamat atas terpilihnya Hon. Bob Loughman sebagai Perdana Menteri Vanuatu pada Senin (20/04/20). Ucapan selamat disampaikan langsung secara tertulis oleh Ketua OPM-TPNPB Jeffrey Bomanak dari Markas Besar OPM-TPNPB di Victoria, rimba raya Papua, Senin malam.

“Yang Mulia Hon. Bob Loughman, atas nama Rakyat Papua Barat, OPM-TPNPB sebagai organisasi induk perjuangan kemerdekaan bangsa Papua, berdasarkan Proklamasi kemerdekaan bangsa Papua dan atas dasar Konstitusi 1 Juli 1971, ingin mengucapkan selamat kepada Anda atas pemilihan Anda sebagai Perdana Menteri Republik Vanuatu,” kata Bomanak dalam rilis tertulis yang dikirim ke Tribun-Arafura.com, Senin (20/04/20) malam.

Baca juga : Bob Loughman Terpilih Sebagai PM Vanuatu Menggantikan Charlot Salwai

Menurut Bomanak, OPM-TPNPB mengambil kesempatan ini untuk menegaskan kembali hubungan bersejarah yang pernah terjalin sangat kuat antara rakyat Vanuatu dan West Papua pada tahun 1960-an, saat itu ketika Partai Vanua’aku dan OPM telah berjanji bersama untuk membebaskan rakyat Melanesian dari tirani kolonialisme.

“Pada Tahun 1980, tepat 40 tahun yang lalu, Vanuatu memperoleh kemerdekaannya di bawah kepemimpinan Pastor Walter Lini, yang berkomitmen memeluk perjuangan bangsa Papua di hatinya dan di hati rakyat Vanuatu,” kata Bomanak.

Bomanak mengatakan, “Tuhan memberkati rakyat dan pemerintah Vanuatu yang memiliki komitmen tinggi dalam mendukung perjuangan OPM-TPNPB untuk Pembebasan Rakyat Melanesian di West Papua”.

Menurut Bomanak, pihaknya yakin bahwa kepemimpinan Hon. Bob Loughman akan mengulangi maksud tulus dan iklas terhadap perjuangan bangsa Papua untuk merdeka dan berdaulat sesuai cita-cita seluruh pendiri negara Vanuatu dan para pendahulu perjuangan bangsa Papua.

“Kami berdoa agar Tuhan membimbing kepemimpinan Anda dalam tantangan yang Anda hadapi setelah badai dan angin topan Harold dan memerangi global epidemic COVID-19 virus Corona bagi rakyat Vanuatu,” kata Bomanak.

Bomanak mengakhiri pesan ucapan selamat seraya menawarkan kerja sama OPM-TPNPB dengan PM Bob Loughman untuk membangun Melanesia yang bebas, bersatu dan kuat.

“Kami akhiri pesan ucapan selamat ini, sekali lagi kami ingin menawarkan kepada Anda harapan kami yang paling tulus untuk masa jabatan yang sukses sebagai Perdana Menteri. Kami berharap supaya OPM-TPNPB kembali memiliki hubungan dan kerja sama dengan Anda untuk lebih memperkuat ikatan kami dan untuk memajukan tujuan bersama kami membangun Melanesia yang bebas, bersatu dan kuat,” tutup Bomanak. [TA]

About Tribun Arafura (328 Articles)
Media Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: