Bob Loughman Terpilih Sebagai PM Vanuatu Menggantikan Charlot Salwai

Bob Loughman dari Vanua'aku Pati yang baru terpilih sebagai PM Vanuatu ke-24 menggantikan Charlot Salwai.@Makereta Komai/Twitter.com

PORT VILA, Tribun-Arafura — Bob Loughman dari Vanua’aku Pati, Partai Politik yang memimpin kemerdekaan Vanuatu pada 31 Juli 1980, terpilih sebagai Perdana Menteri Republik Vanuatu yang ke-24 pada Senin (20/04/20) di Port Vila, Vanuatu.

Dia menggantikan Charlot Salwai dari Gerakan Reunifikasi untuk Perubahan atau Reunification Movement for Change yang menjabat PM Vanuatu sejak 11 Februari 2016.

Dia terpilih oleh mayoritas anggota parlemen Vanuatu dengan 31 suara mengalahkan rivalnya Ralph Regenvanu yang memperoleh 21 suara.

Bob Loughman lahir pada 8 Maret 1961. Politisi Vanuatu dari Partai Vanua’aku ini pertama kali terpilih sebagai anggota parlemen Vanuatu sebagai wakil pulau Tanna dalam pemilihan umum pada 6 Juli 2004. Ia terpilih kembali pada tahun 2008, 2012 dan terpilih lagi pada pemilihan umum bulan 19 Maret 2020 lalu.

Bob Loughman pernah menjadi Menteri Pendidikan dan Wakil Perdana Menteri dalam pemerintahan yang dipimpin Charlot Salwai untuk sementara waktu sebelum Vanua’aku Pati digulingkan dari pemerintah dan bergabung dengan blok Oposisi di Legislatif ke-11.

Bob Loughman dinominasikan untuk posisi Perdana Menteri oleh Anggota Parlemen Perwakilan Port Vila dari Union of Moderates Parties dan mantan Pemimpin Oposisi, Ismael Kalsakau. Saingannya, Anggota Parlemen Perwakilan Port Vila MP dan Presiden Partai Graon mo Jastis, Ralph Regenvanu, dicalonkan oleh mantan PM Charlot Salwai.

Dalam pemungutan suara rahasia oleh 52 anggota parlemen sore tadi, Anggota Parlemen Bob Loughman memperoleh 31 suara untuk menjadi PM Vanuatu yang baru. Sedangkan Ralph Regenvanu memperopeh 21 suara.

Ada dua kelompok politik ketika Parlemen mengadakan rapat tadi pagi. Satu kelompok terdiri dari Vanua’aku Pati (VP), Serikat Partai Moderat (UMP), Partai Persatuan Nasional (NUP), Gerakan politik Nagriamel, Partai Konfederasi Hijau, dan anggota parlemen lainnya yang berjumlah 30 orang.

Sedangkan kelompok politik lainnya terdiri dari Graon Mo Jastis Pati (GJP) yang memerintah total 9 anggota parlemen dalam Legislatif ke-12 yang baru, bersama dengan Reunifikasi Gerakan untuk Perubahan (RMC), Partai Pemimpin Vanuatu (LPV), Gerakan Liberal Vanuatu (VLM), dan kelompok politik lainnya yang membentuk 22 anggota parlemen.

Perdana Menteri Bob Loughman yang baru terpilih mengatakan dia akan membuat pidato resmi pertamanya kepada orang-orang dan bangsa Vanuatu pada Rabu (22/04/20). [TA]

About Tribun Arafura (328 Articles)
Media Online

1 Trackback / Pingback

  1. OPM-TPNPB Ucapkan Selamat Atas Terpilihnya Bob Loughman Sebagai PM Vanuatu – Tribun Arafura

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: