Ikut Perangi Pandemi Covid-19 Bersama PBB, OPM Tawarkan Gencatan Senjata Kepada Pemerintah Indonesia

Ketua OPM Jeffrey Bomanak (tengah) dalam sebuah kesempatan. Pihaknya menawarkan Gencatan Senjata kepada Pemerintah Indonesia sesuai seruan Sekjen PBB untuk menghentikan konflik militer dan sama-sama memerangi pandemi Covid-19.@TPNPB

VICTORIA, Tribun-Arafura.com — Organisasi Papua Merdeka atau OPM yang selama ini aktif menggerakan sayap militernya Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) melakukan perang pembebasan nasional  melawan TNI-Polri menawarkan gencatan senjata kepada pemerintah Indonesia. Tawaran itu disampaikan secara tertulis pada Rabu (08/04/20) kemarin.

Ketua OPM-TPNPB Jeffrey Bomanak kepada Tribun-Arafura.com mengatakan pihaknya dengan mengacu pada seruan Sekjen PBB,  bakal bergabung bersama negara-negara di seluruh dunia dalam memerangi pandemi global COVID-19 yang mengancam kehidupan manusia. Oleh karena itu dirinya berharap Pemerintah Indonesia menghargai itikad baik OPM-TPNPB untuk melakukan gencatan senjata.

“OPM-TPNPB secara terbuka menawarkan komitmen kepada Presiden Indonesia Joko Widodo supaya secara kemanusiaan dapat menghargai aturan internasional yang telah dikeluarkan oleh Sekjen PBB dalam memerangi pandemi COVID-19,” kata Jeffry, dalam pernyataan tertulisnya.

Jeffrey Bomanak mengatakan, syarat gencatan senjata adalah pemerintah Indonesia harus sepakat untuk menarik seluruh pasukan militer non-organik dari Tanah Papua.

“Bila gencatan senjata disepakati, TPNPB-OPM berjanji untuk tidak akan menyerang fasilitas kesehatan, memastikan kelancaran distribusi alat kesehatan dan obat-obatan, serta membantu menyebarkan informasi terkait COVID-19 kepada masyarakat,” kata Jeffrey Bomanak.

Lebih lanjut Jeffrey Bomanak mengatakan, pihak OPM-TPNPB tetap menghargai negara-negara tetangga yaitu Papua New Guinea, Australia dan Timor Leste yang memiliki komitmen untuk memerangi pandemi COVID-19, maka dari itu dirinya selaku penanggungjawab politik perjuangan bangsa Papua harus mengeluarkan statement dan komitmen untuk gencatan senjata.

“(Genjatan Senjata) ini agar Indonesia tidak bertindak sembarang dengan operasi militer yang didalamnya akan menyebarkan virus Corona ke negara-negara tetangga,” kata Jeffrey.

Tawaran OPM kepada pemerintah Indonesia sejalan dengan seruan Sekretaris Jenderal PBB António Guterres’ agar pihak-pihak yang berkonflik segera meletakan senjata agar bersama-sama memerangani pandemi Covid-19.

“Sudah saatnya untuk me-lockdown konflik bersenjata dan fokus bersama pada pertarungan sejati kehidupan kita. Kepada pihak yang bertikai, saya katakan: Mundur dari permusuhan. Singkirkan ketidakpercayaan dan permusuhan. Letakan senjata; hentikan artileri; akhiri serangan udara,” kata António Guterres’ akhir Maret 2020.

Guterres’ mengatakan virus (Covid-19) tidak peduli tentang kebangsaan atau etnis, faksi atau agama. (Virus) Itu menyerang semua, tanpa henti.

“Sementara itu, konflik bersenjata merebak di seluruh dunia. Yang paling rentan – perempuan dan anak-anak, orang-orang cacat, yang terpinggirkan dan yang dipindahkan – membayar harga tertinggi. Mereka juga berada pada risiko tertinggi menderita kerugian yang sangat besar akibat COVID-19,” kata Guterres’.

Sekjen PBB asal Portugal ini mengingatkan agar “Jangan lupa bahwa di negara-negara yang dilanda perang, sistem kesehatan telah runtuh. Profesional kesehatan, yang jumlahnya sedikit, sering menjadi sasaran. Pengungsi dan lainnya yang terlantar akibat konflik kekerasan sangat rentan. Itulah sebabnya hari ini, saya menyerukan gencatan senjata global segera di semua penjuru dunia.”

Konflik bersenjata antara TPNPB-OPM melawan Tentara dan Polisi Indonesia terus terjadi di Kabupaten Nduga, Puncak, Puncak Jaya, Intan Jaya, Mimika, Keerom dan Pegunungan Bintang. Diperkirakan koflik bersenjata akan meluas ke kabupaten-kabupaten lain di seluruh Tanah Papua. [TA]

About Tribun Arafura (328 Articles)
Media Online

1 Trackback / Pingback

  1. Advokat dan Pembela HAM Papua Minta Presiden Jokowi Respon Positif Tawaran Gencatan Senjata OPM-TPNPB – Tribun Arafura

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: