Serang Pertahanan TPNPB di Tembagapura, TNI Gunakan Roket FZ 68 Buatan Thales Belgia

Roket yang digunakan TNI untuk membombardir Pasukan TPNPB adalah Roket Motor FZ68 buatan Thales Belgia.@TPNPB

TEMBAGAPURA, Tribun-Arafura.com — Laporan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat yang dirilis Sabtu (21/03/20) kemarin menyebutkan posisi mereka di sekitar Kampung Banti dan Opitawak, DistrikTembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, dibombardir oleh TNI menggunakan 14 roket yang ditembakan dari Helikopter.

Baca juga : Jubir TPNPB : 14 Roket Telah Ditembakan Oleh Militer Indonesia Ke Wilayah Pertahanan Pasukan TPNPB di Tembagapura.

Rilis TPNPB disertai foto-foto puing roket yang dikumpulkan pasukan mereka. Dari bukti potongan tabung roket yang dikumpulkan, diketahui bahwa jenis roket-roket itu adalah Motor Roket FZ68 yang diprosuksi oleh Thales dari Belgia yang sebelum 1 Januari 2017 bernama Forges de Zeebrugge. Thales adalah sebuah perusahaan produsen senjata yang berbasis di kota Herstal, Belgia. (Klik : https://fz.be).

Di website resminya, Thales menjelaskan secara detail (Klik : https://fz.be/products.php?p=18), bahwa Motor Roket FZ68 memiliki fitur-fitur : Roket Udara Sirip Lipat, Impuls total : 557daN.s, Rentang (darat ke darat) : ~ 7.700 meter, Propelan butir: lubang tengah berbentuk bintang diekstrusi basis ganda, Panjang : 1.006 mm, Berat : 5 kg, Antarmuka hulu ledak : 2.400 ’- 6-29 ° STUB ACME 3G, sepenuhnya kompatibel dengan semua hulu ledak roket 2,75″, tanpa asap dan tidak korosif.

Seorang Anggota Pasukan TPNPB memegang puing tabung Roket Motor FZ68 yang ditembakan TNI di dekat Kampung Banti, Tembagapura, Mimika.@TPNPB

Fakta yang terbaca di Website Thales (Klik : https://fz.be/key-facts) menyebutkan, Thales diakui di seluruh dunia sebagai satu-satunya perusahaan di dunia yang mampu menguasai seluruh sistem roket udara-ke-darat 70 mm (2,75 “).

Tercatat lebih dari 8 juta roket diproduksi dan dipasok ke 55 negara dan 70 tentara dalam 5 tahun terakhir. “Sistem roket FZ® telah dilengkapi di seluruh dunia pada lebih dari 300 helikopter dan pesawat terbang yang berbeda,” tulis Thales.

Thales menjelaskan, Motor Roket FZ68 mirip dengan Motor Roket FZ67. Bedanya, Motor roket FZ67 dirancang khusus untuk digunakan pada pesawat sayap tetap, sedangkan FZ68 dirancang untuk digunakan pada pesawat sayap putar atau Helikopter.

Dijelaskan lebih lanjut, Motor Roket FZ68 juga menghasilkan laju putaran yang lebih tinggi untuk mengimbangi efek dari angin, downwash, dan penurunan gravitasi.

Seorang bocah di Ugimba Intan Jaya memegang tabung Roket Motor FZ68 yang sebelumnya ditembakan oleh TNI.@TPNPB

Dari penelusuran media ini diketahui bahwa jenis roket yang sama berjumlah 6 buah pernah digunakan TNI untuk memborbadir posisi TPNPB di Ugimba, Intan Jaya, Papua pada 03 Januri 2020 ketika pasukan TPNPB Kodap XIII Kemabu Intan Jaya menembak mati seorang Sniper Kopassus pada Desember 2019.

Baca juga : Kontak Tembak di Intan Jaya, TPN-PB Tembak Mati Sniper Kopassus

Dari foto-foto yang beredar di Social Media, tampak seorang bocah Papua berbaju merah di Ugimba, Intan Jaya memegang tabung Roket Motor FZ68. Roket tersebut ditembakan oleh TNI melalui serangan Helikopter.

Jenis Roket yang sama diduga pernah banyak kali digunakan untuk memborbardir Pasukan TPNPB Kodap III Ndugama pimpinan Brigjen Egianus Kogoya, tetapi banyak melukai warga sipil termasuk anak-anak. [TA]

About Tribun Arafura (302 Articles)
Media Online

1 Comment on Serang Pertahanan TPNPB di Tembagapura, TNI Gunakan Roket FZ 68 Buatan Thales Belgia

  1. Reblogged this on .

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: