West Papua Diundang Ikut Proses Referendum Bougainville

Mr. Ishmael Toroama bersama Mr. Jeffry Bomanak didampingi Mr. Tony Fofoe dan Mr. Kenn Mondiai. @Tribun-Arafura.com

PORT MORESBY, Tribun-Arafura.com — Rakyat Papua Barat (West Papua) yang diwakili oleh Organisasi Papua Merdeka – Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (OPM TPNPB) secara istimewa mendapat undangan resmi dari rakyat Bougainville yang diwakili oleh Bougainville Revolutionary Army dan The Bougainville Unification Core Groups (BRA-UBCG), untuk menyaksikan proses Referendum Bougainville yang akan berlangsung selama 2 minggu, pada 23 November 2019 sampai 7 Desember 2019.

Undangan resmi diberikan langsung oleh Chief of Defence Bougainville Revolutionary Army Mr. Ishmael Toroama kepada Ketua OPM TPNPB Jeffry Bomanak, disaksikan oleh Presiden PNG Union for Free West Papua Mr. Kenn Mondiai dan Ketua Melanesian Solidarity (MelSol) Mr. Tonny Fofoe di Port Moresby, Papua Nugini, pada Jumat (15/11).

Dalam Referendum yang dibiayai oleh Pemerintah Papua Nugini itu rakyat Bougainville akan ditawari dua opsi pilihan, apakah mau merdeka dan membentuk negara sendiri atau masih mau tetap menjadi bagian dari Papua Nugini dalam sebuah wilayah dengan status Otonomi Khusus.

Ketua OPM TPNPB Jeffry Bomanak kepada Tribun-Arafura.com mengatakan undangan untuk menghadiri dan menyaksikan secara detail jalannya referendum bagi rakyat Bougainville adalah sebuah kehormatan bagi seluruh rakyat bangsa Papua.

“Proses kerja sama antara OPM-TPNPB dan BRA adalah sebuah proses yang tidak gampang dijaga oleh kedua pimpinan dari kedua wilayah dari matahari terbit Bougainville dan ke matahari terbenam West Papua,” papar Bomanak.

Bomanak menjelaskan undangan yang diberikan oleh BRA-UBCG kepada OPM-TPNPB ini berdasarkan kesepakatan bersama beberapa tahun lalu antara OPM dan BRA yang disebut “SUN I KAMAP TO SUN I GO DAUN” (Dari Matahari Terbit ke Matahari Terbenam).

“Kesepakatan ini terus dijalankan dengan penuh komitmen, kedisiplinan dan keyakinan bahwa suatu ketika kedua bangsa dari matahari terbit Bougainville dan matahari terbenam West Papua akan Merdeka sesuai cita-cita luhur rakyat Bougainville dan rakyat West Papua,” jelas Bomanak.

Sebagai Ketua OPM-TPNPB, Jeffry Bomanak mengatakan pihaknya akan memimpin langsung delegasi West Papua menuju Bouganville untuk menyaksikan secara detail proses referendum di negeri matahari terbit tersebut.

“Kami (Delegasi OPM-TPNPB) akan tiba bersama dengan lumuran darah dan air mata rakyat kami West Papua untuk menyaksikan negara baru yang akan lahir di negeri matahari terbit (Bouganville),” jelas Bomanak.

Lebih lanjut Bomanak mengatakan, jika matahari itu terbit pasti ada terbenamnya, maka itu rakyat bangsa Papua bersama kepemimpinan OPM-TPNPB saat ini sangat sadar bahwa semua yang sudah dilakukan dan disepakati bersama dalam kesepakatan SUN I KAMAP TO SUN I GO DOWN bagi rakyat Bougainville dan West Papua selama 21 tahun adalah merupakan kehendak Allah Bangsa Papua dan Allah leluhur bangsa Bougainville. [TA]

About Tribun Arafura (287 Articles)
Media Online

1 Comment on West Papua Diundang Ikut Proses Referendum Bougainville

  1. Reblogged this on .

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: