Jelang HUT RI Ke-74, TPNPB Diduga Tembak 2 Personil TNI di Jayawijaya

Dua Prajurit Satgas Yonif RK 751/VJS, Pratu Panji dan Pratu Sirwandi yang mengalami luka tembak dan kini dirawat di RSUD Wamena.@Ist

WAMENA, Tribun-Arafura.com — Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Kodap III Ndugama yang dipimpin Brigjen Egianus Kogoya diduga melakukan penghadangan terhadap konvoi mobil TNI Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/ VJS dan Yonif 756/WMS di Jl Trans Papua Wamena – Danau Habema tepatnya di Kilometer 39 di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Penghadangan terjadi pada hari ini, Jumat (16/08/19) pukul 15.30 WIT atau hanya sehari menjelang perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 pada Sabtu, 17 Agustus 2019 besok.

Akibat penghadangan itu dua personil TNI dari Yonif RK 751/VJS  yakni Pratu Panji (Tabakpan Satgas Yonif RK 751/VJS) mengalami luka tembak pada bagian lengan kiri dan Pratu Sirwandi (Tabakpan Satgas Yonif RK 751/VJS) mengalami luka tembak pada bagian paha kiri tembus ke pinggang.

Laporan versi TNI menyebutkan, kelompok penyerang menggunakan senjata Minimi, Revolver dan juga SS-1 buatan PT Pindad Bandung.

Kronologis kejadiannya bermula ketika sekitar pukul 09.00 WIT, 10 personel Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS dan 2 personel Yonif 756/WMS bergerak dari Distrik Mbua Kabupaten Nduga menuju ke Kota Wamena Kabupaten Jayawijaya setelah mengantar logistik untuk pasukan TNI yang sedang melakukan operasi militer di Nduga. Mereka menggunakan 2 Unit mobil Jenis Toyota Hilux.

Pada pukul 15.30 WIT, bertempat di Jl Trans Papua Wamena – Habema tepatnya di sekitar Danau Habema Kilometer 39 Kabupaten Jayawijaya 10 Personel Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS dan 2 Personel Yonif 756/WMS dihadang dan ditembak dengan cara menggunting tembakan kepada rombongan Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS dan Yonif 756/WMS, dengan tembakan dari dua tempat yang berada pada ketinggian dan di bawah ketinggian.

Setelah mendapatkan tembakan, personel Satgas Pamrahwan Yonif 751/VJS dan Yonif 756/WMS turun dari kendaraan yang selanjutnya membalas tembakan. Laporan versi TNI menyebutkan, kontak tembak antara Satgas Pamrahwan Yonif 751/VJS dan Yonif 756/WMS dengan pasukan penyerang berlangsung selama 20 menit.

Pada pukul 15.50 WIT, karena terdapat korban luka tembak pada 2 Personel Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS, Serka David (Bamin Satgas Yonif RK 751/VJS) mengambil keputusan untuk melakukan Evakuasi ke RSUD Wamena dengan menggunakan 1 (satu) unit mobil Toyota Hilux. Sementara 1 unit mobil Toyota Hilux lainnya terpaksa ditinggalkan di tempat kejadian karena rusak parah akibat diberondong peluru senjata Minimi.

Pada pukul 16.35 WIT, 2 Personel Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS yang mengalami luka tembak tiba di RSUD Wamena selanjutnya mendapatkan perawatan Medis oleh Petugas RSUD Wamena. Pratu Panji (Tabakpan Satgas Yonif RK 751/VJS) mengalami luka tembak pada bagian lengan kiri masih dalam kondisi sadar.

Sementara Pratu Sirwandi (Tabakpan Satgas Yonif RK 751/VJS) yang mengalami luka tembak pada bagian paha kiri tembus ke pinggang saat ini masih dalam kondisi kritis dan menjalani proses operasi.

Sampai malam ini pihak TPN-PB Kodap III Ndugama pimpinan Brigjen Egianus Kogoya yang diduga melakukan penghadangan belum menyatakan bertanggungjawab atau membantah penyerangan ini. [TA]

Iklan
About Tribun Arafura (285 Articles)
Media Online

1 Comment on Jelang HUT RI Ke-74, TPNPB Diduga Tembak 2 Personil TNI di Jayawijaya

  1. Reblogged this on .

    Suka

1 Trackback / Pingback

  1. Panglima Kodap III TPNPB-OPM Ndugama Nyatakan Bertanggungjawab Atas Penembakan Konvoi TNI di Kilometer 39 Habema – Tribun Arafura

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: