Peduli Pengungsi Nduga, KPA Provinsi Papua Bantu Dana dan Alkitab

Kepala Devisi SDM KPA Provinsi Papua Bernie Pagawak menyerahkan bantuan Dana dan Alkitab kepada para pengungsi asal Kabupaten Nduga di Sinakma Wamena.@Tribun-Arafura.com

WAMENA, Tribun-Arafura.com — Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Papua membagikan bantuan dana senilai Rp. 100 juta dan 1 karton Alkitab kepada para pengungsi asal Kabupaten Nduga, Papua, di Sinakma, Wamena, Papua pada Jumat (09/08/19) kemarin.

Mewakili Ketua KPA Provinsi Papua, bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Devisi SDM KPA Provinsi Papua Bernie Pagawak dan diterima oleh perwakilan pengungsi Nduga Raga Kogoya.

Lihat Foto : KPA Provinsi Papua Bantu Pengungsi Nduga

Kepada Tribun-Arafura.com Bernie Pagawak mengatakan, kenyataan hari ini Masyarakat Nduga sedang mengungsi dan telah meninggalkan Kabupaten Nduga karena perang.

Oleh karena itu pihaknya “mengajak seluruh komponen masyarakat untuk Pro-Aktif terhadap nilai Kemanusiaan yang jauh lebih tinggi dari pada retorika, kecurigaan-kecurigaan politik dan politik praktis serta stigma-stigma yang berujung pada pelanggaran HAM dan Trauma Permanen Masyarakat Nduga Papua terhadap Pemerintah Pusat ”

“KPA Propinsi Papua tidak terlibat dalam politik praktis karena rakyat adalah belahan jiwa dari kita. Tidak ada alasan tidak ada uang. Ada sumber dana Otsus Papua itu untuk rakyat,” kata Bernie.

Lebih lanjut, Bernie menjelaskan, Perserikatan Bangsa-Bangsa melalui Resolusi PBB tahun 1951 yang dikenal dengan sebutan Konvensi 195 telah menetapkan bahwa pengungsi yang masuk dalam pengakuannya adalah Pengungsi karena bencana alam dan pengungsi karena Perang. Hari ini Masyarakat Nduga mengungsi karena Perang apapun alasannya.

“Keadaan yang sangat sulit dan memprihatinkan ini yang mengilhami Pimpinan KPA Propinsi Papua melalui ketua Harian dan telah mendelegasikan Devisi SDM untuk mengajak seluruh anak bangsa guna memberikan semangat hidup kepada Masyarakat Nduga,” jelas Bernie.

Menurut Bernie, KPA Propinsi Papua mengakui bahwasanya pengungsi adalah salah satu yang paling rentan didunia. Konvensi Pengungsi 1951 dan Protokol 1967 membantu melindungi Pengungsi.

“Pengungsi adalah satu-satunya instrumen hukum global yang secara eksplisit mencakup aspek-aspek terpenting dari kehidupan seorang Pengungsi,” ujarnya.

Bernie berharap, bantuan yang diberikan bisa menjadi kekuatan spirit rohani dan jasmani para pengunsi Nduga. “Satu karton Alkitab untuk kekuatan Spirit Nduga, Sedikit uang untuk kekuatan Jasmani Nduga. Terbesit pesan direlung hatiku, Tuhan tahu masalah kita dan Bagaimana Dia menolong kita,” pungkasnya.

Ribuan masyarakat Nduga saat ini menjadi pengungsi di beberapa kabupaten tetangga akibat konflik bersenjata antara TPNPB dan TNI-POLRI.

Konflik bersenjata di Kabupaten Nduga, Papua, antara TPNPB Kodap III Ndugama pimpinan Brigjen Egianus Kogoya dan TNI-POLRI terus meningkat selama 2 tahun terakhir.

Presiden Jokowi, sekalipun menang mutlak di Nduga pada Pilpres 2019 lalu, tetap memilih operasi militer sebagai jalan penyelesaian konflik Nduga. Belum lama ini seorang petinggi TNI menyebutkan, yang terjadi di Nduga adalah bukan pengungsian tetapi migrasi penduduk. [TA]

Iklan
About Tribun Arafura (285 Articles)
Media Online

1 Comment on Peduli Pengungsi Nduga, KPA Provinsi Papua Bantu Dana dan Alkitab

  1. Reblogged this on .

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: