Menuju MSG dan PIF, ULMWP Canangkan Bulan Agustus sebagai ‘Bulan Duka Nasional Bangsa Papua’

ULMWP mencanangkan bulan Agustus 2019 sebagai 'Bulan Duka Nasional Bangsa Papua'.@PosterKutipanKalimat

JAYAPURA, Tribun-Arafura.com — United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) melalui Komite Aksi ULMWP di Jayapura telah mencanangkan bulan Agustus 2019 sebagai ‘Bulan Duka Nasional Bangsa Papua’, seperti tertuang dalam selebaran ‘Seruan Umum’ yang diteken oleh Sekretaris Umum Komite Aksi ULMWP Chris Dogopia dan mulai disebarkan ke publik di Papua pada Selasa (30/07/19) kemarin.

Sesuai selebaran ‘Seruan Umum’ yang diterima Redaksi Tribun-Arafura.com, ULMWP meminta agar Duka Nasional Bangsa Papua digelar oleh rakyat Papua untuk mendukung proses perjuangan ULMWP mendorong West Papua memperoleh status keanggotaan penuh di Melanesian Spearhead Group (MSG).

Sebagaimana diketahui, ULMWP telah mengajukan aplikasi keanggotaan penuh West Papua di MSG pada 19 Juni 2019 dan akan dibahas pada 6-9 Agustus 2019 untuk pertemuan para menteri dan 19 Agustus 2019 untuk tingkatan pemimpin.

Selain itu ‘Duka Nasional Bangsa Papua’ juga dimaksudkan untuk mendukung keterlibatan ULMWP dalam sebuah pertemuan Forum Negara-Negara Kepulauan Pasifik atau Pasific Islands Forum (PIF) yang akan berlangsung pada 12-16 Agustus 2019 di Tuvalu.

Sementara di dalam negeri, ‘Duka Nasional Bangsa Papua’ akan fokus pada agenda bulan Agustus, yakni, Pertama, Penolakan Hasil PEPERA 1969 : Dimana pada 14 Juli 1969 (dilaksanakan) mulai dari Merauke sampai dengan berakhir 02 Agustus 1969 di Jayapura, dilaksanakan PEPERA yang penuh manipulasi dan intimidasi di West Papua. Maka pada 02 Agustus 2019, Rakyat Papua menyatakan menolak hasil PEPERA 1969.

Kedua, New York Agreement, 15 Agustus 1962 : Rakyat Papua menyatakan menolak New York Agreement.

Ketiga, 17 Agustus 2019 : Rakyat Papua menyatakan Duka Nasional Bangsa Papua, dan menyatakan Indonesia tidak berhak merayakan Peringatan Kemerdekaan di atas wilayah teritori West Papua.

“Dimulai sejak tanggal 1 Agustus 2019, diumumkan sebagai ‘Hari Duka Nasional Bangsa Papua’ dan berlangsung selama bulan Agustus,” demikian bunyi pesan duka.

ULMWP juga memberi petunjuk atau cara menjalankan ‘Duka Nasional Bangsa Papua’, berupa : Aksi Doa dan Puasa di rumah-rumah, Gereja-Gereja, Mesjid-Mesjid dan Perkumpulan Doa, Aksi Mimbar Bebas di Kampus-Kampus dan Aksi Demonstrasi, terhitung sejak 01-20 Agustus 2019. [TA]

Iklan
About Tribun Arafura (284 Articles)
Media Online

1 Comment on Menuju MSG dan PIF, ULMWP Canangkan Bulan Agustus sebagai ‘Bulan Duka Nasional Bangsa Papua’

  1. Reblogged this on .

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: