Mahasiswa/i Boven Digoel Minta Parpol Pemenang Pemilu 2019 Utamakan OAP Boven Digoel Jabat Pimpinan Dewan

Pengurus HMPB Se-Jayapura didampingi Tokoh Pemuda Boven Digoel. Dari kiri ke kanan : Wilhelmus Yamop, Atanasius Kawin, Felmonardus Kuweng dan Adrianus Wambonggo Netep.@Tribun-Arafura.com

JAYAPURA, Tribun-Arafura.com — Himpunan Mahasiswa-Mahasiswi dan Pelajar Kabupaten Boven Digoel (HMPBD) Se-Jayapura Peduli Pembangunan Kabupaten Boven Digoel meminta Partai Politik pemenang Pemilu 2019 di Kabupaten Boven Digoel, Papua, untuk mengutamakan Orang Asli Papua (OAP) Boven Digoel menempati posisi pimpinan DPRD Boven Digoel Periode 2019-2024.

Permintaan HMPBD tertuang dalam rilis yang diterima Tribun-Arafura.com hari ini, Selasa (30/07/19) via surat elektronik. Rilis tersebut ditandatangani oleh Adrianus Wombonggo Netep (Ketua), Athanasius Kawin (Sekretaris), Felmonardus Kuweng (Anggota) dan Wilhelmus Yamop (Perwakilan Pemuda Boven Digoel)

Mereka menilai, ada sebuah proses dan dinamika politik yang belum memihak kepada hak kesulungan anak asli Boven Digoel dan itu terjadi selama 15 tahun atau 3 periode kepemimpinan di DPRD Kabupaten Boven Digoel.

“Selama itu, DPRD (Boven Digoel) dipimpin oleh orang non-Boven Digoel,” tulis HMPBD dalam rilisnya.

Pemintaan ini secara khusus ditujukan kepada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang pada Pemilu 2019 memperoleh 4 kursi dari alokasi 20 kursi DRPD Boven Digoel.

Baca juga : KPU Boven Digoel Tetapkan 20 Anggota DPRD Terpilih, Ini Daftar Nama dan Jumlah Suara

“Perlu disadari bahwa, kemenangan PDIP di Kabupaten Boven Digoel, artinya, partai ini telah mendapat kepercayaan dari rakyat Boven Digoel terhadap eksistensi dan sepak terjang menyuarakan apirasi rakyat,” tulis HMPBD.

Menurut HMPBD, kepercayaan rakyat Boven Digoel tidak hanya sampai pada memenangkan PDIP, tetapi “Ada sebuah keinginan dari rakyat Boven Digoel kepada Partai Pemenang (PDIP) untuk dapat memperhatikan hak Kesulungan Anak Asli Boven untuk dapat memimpin atau dipercayakan sebagai Ketua DPRD Kabupaten Boven Digoel.”

Selain kepada PDIP, HMPBD juga meminta Parpol pemenang Pemilu lainnya di Boven Digoel untuk lebih mengutamakan anak asli Boven Digoel ketika menentukan posisi pimpinan DPRD setempat.

Permintaan HMPBD tertuang dalam 4 poin tuntutan, yakni, Pertama, Kepada ketua DPC Partai PDIP Kabupaten Boven Digoel agar dapat memperhatikan dan memprioritaskan anak asli Boven Digoel periode (2019-2024).

Kedua, Kepada pimpinan partai Politik dalam hal ini ketua-ketua DPC di Kabupaten Boven Digoel Untuk mengakomodir atau mengutamakan anak asli Boven Digoel masuk dalam unsur pimpinan di Dewan Perwakilan Rakyat Derah(DPRD).

Ketiga, Kami meminta dukungan moril dari tokoh pemuda, tokoh masyarakat,Dewan Adat dan unsur pimpinan kabupaten Boven Digoel untuk bersama-sama melihat hal ini.

Keempat, Kami meninta kepada Bupati Kabupaen Boven Digoel sebagai pembina partai politik untuk bisa mendorong dan memprioritaskan anak-anak asli Boven Digoel masuk dalam unsur pimpinan di legislatif.

Dari 20 Anggota terpilih DPRD Kabupaten Boven pada Pemilu 2019, hanya ada 6 OAP. Mereka adalah Athanasius Koknak (PDIP), Agustinus Tuwok (PPP), Petrus Yawan (Partai Demokrat), Paulus Tumbuimin (Partai Gerindra), Petrus Ricolombus Omba (Partai Gerindra) dan Yanuarius Sesewano (Partai NasDem). [TA]

Iklan
About Tribun Arafura (285 Articles)
Media Online

1 Comment on Mahasiswa/i Boven Digoel Minta Parpol Pemenang Pemilu 2019 Utamakan OAP Boven Digoel Jabat Pimpinan Dewan

  1. Reblogged this on .

    Suka

1 Trackback / Pingback

  1. FRPS : Unsur Pimpinan DPRD Boven Digoel Wajib OAP – Tribun Arafura

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: