4 Tahun Gurita Raskin Merauke, Fransiskus Ciwe : Kita Akan Minta Polisi Buka Kembali Kasus

Kasus Gurita Raskin Merauke berusia 4 tahun (21 Juni 2015 - 21 Juni 2019).@Tribun-Arafura.com

MERAUKE, Tribun-Arafura.com — Fransiskus Ciwe, Ketua Solidaritas Intelektual – Masyarakat Marind Peduli Demokrasi dan Anti Korupsi di Merauke mengatakan, pihaknya akan meminta Polisi untuk membuka kembali kasus korupsi beras miskin di Merauke yang dikenal dengan julukan Gurita Raskin Merauke. Langkah ini dilakukan dalam rangka memperingati HUT Gurita Raskin Merauke ke-4, 21 Juni 2015 – 21 Juni 2019.

“Ini kan bagian dari rangkaian acara HUT Gurita Raskin yang ke-4 tahun, hari Senin kita akan ke Polisi minta untuk kasus ini dibuka kembali,” kata Fransiskus Ciwe kepada Tribun-Arafura.com, Jumat (21/06/19).

Kasus Gurita Raskin Merauke bermula ketika tahun 2012 lalu muncul inisiatif Bupati Merauke saat itu, Romanus Mbaraka, untuk mengalokasikan Raskin Cadangan Pemda yang mulanya akan diperuntukan untuk kelompok-kelompok Masyarakat yang tidak tersentuh, seperti di Panti Asuhan dan korban Bencana Alam. Tetapi, kebijakan ini tidak dituangkan dalam instrumen kebijakan yang sah, misalnya dituangkan dalam Perda atau Perbup.

Baca juga : Ini Kisah Gurita Raskin di Kabupaten Merauke

Kesalahan kebijakan yang dibuat Bupati Romanus Mbaraka akhirnya merugikan masyarakat penerima manfaat, yang berujung pada aksi protes besar-besaran di Merauke pada 21 Juni 2015.

Proses hukum terhadap beberapa tersangka kasus Gurita Raskin berlangsung secara tertutup dan terkesan ada upaya melindungi pejabat atau mantan pejabat. Pertengahan tahun 2018 lalu dua orang yang diduga sengaja dijadikan tumbal kasus ini yakni Hasan Matdoan, mantan Kepala Distrik Merauke dan bawahannya Liliyani Welerubun, mantan Plt. Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat pada Kantor Distrik Merauke, menjalani sidang dan diputus bersalah di PN Klas II A Jayapura. Keduanya kini sedang menjalani hukuman penjara. [S-TA]

About Tribun Arafura (285 Articles)
Media Online

1 Comment on 4 Tahun Gurita Raskin Merauke, Fransiskus Ciwe : Kita Akan Minta Polisi Buka Kembali Kasus

  1. Reblogged this on .

    Suka

1 Trackback / Pingback

  1. Foto : Beras Milik Masyarakat Miskin Ditimbun dan Dioplos oleh Salah Satu Pejabat di Merauke – Tribun Arafura

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: