KNPB Wilayah Baliem Galang Dana dan Kuatkan Basis Massa

KNPB Mabliem Sektor Walak dan warga berpose setelah kegiatan penggalangan dana dan penguatan basis.@Facebook.com - Tribun-Arafura.com

WAMENA, Tribun-Arafura.com — Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Baliem melakukan penggalangan dana dan penguatan basis massa rakyat pada Selasa (18/06/19) kemarin di Manda, Wamena, Papua. Kegiatan ini melibatkan 10 Sektor KNPB Walak yakni  KNPB Sektor Meagaima, KNPB Sektor Manda, KNPB Sektor Yalengga, KNPB Sektor Wollo, KNPB Sektor Winam-Eragayam, KNPB Sektor Koragi, KNPB Sektor Iriliga, KNPB Sektor Itangen, KNPB Sektor Wunan dan KNPB Sektor Ilugua. Ke-10 Sektor KNPB Walak ini berada dibawah KNPB Wilayah Baliem dan KNPB Wilayah Mamberamo Tengah.

Dari laporan yang diterima Tribun-Arafura.com, kegiatan dibuka pada pukul 12.00 waktu setempat, diawali dengan ibadah singkat yang dibawakan oleh Pdt Arius Kenelak. Hadir dalam kegiatan Ketua 1 KNPB Pusat Warpo Sampari Warik Wetipo, Ketua Umum KNPB Wilayah Baliem Mardi Hiluka dan Ketua Parlemen Rakyat Daerah Wilayah Hubula Domi Wetipo.

Ketua 1 KNPB Pusat, Warpo Sampari Warik Wetipo, dalam sambutannya menegaskan pentingnya menjaga persatuan bangsa dalam Komando Nasional dari Sorong sampai Merauke demi Pembebasan Nasional Bangsa West Papua. Warpo juga menegaskan, KNPB perlu mengajarkan rakyat tertindas untuk menjadi pejuang dan rakyat harus berpolitik, bukan dipolitisir oleh kaum moderat.

“Perjuangan kemerdekaan sejati sesungguhnya bukan ada di luar negeri tetapi ada ditangan rakyat tertindas dalam negeri. Maka, rakyat tertindas jangan menggantungkan harapan kebebasan kepada kapitalis asing di luar sana. KNPB wajib mengajarkan kepada rakyat tertindas menjadi pejuang dan rakyatlah yang  berpolitik bukan dipolitisir terus-menerus oleh kaum moderat,” tegas Warpo.

Menyambung sambutan Warpo, Ketua Umum KNPB Wilayah Baliem Mardi Hiluka mengajak rakyat West Papua kembali hidup dari Alam Papua dengan bertani/berkebun, tokok sagu dan menguasai ekonomi Papua menuju Mogok Sipil Nasional.

Kegiatan ditutup dengan sambutan Ketua Parlemen Rakyat Daerah Wilayah Hubula Domi Wetipo. “Segera benahi parlemen dan kami parlemen siap menjadi penanggungjawab politik,” tegas Domi.

Akhir tahun 2018 lalu KNPB sukses melaksanakan Konggres II di Jayapura pada 23 sampai 25 Oktober 2018. Konggres secara demokratis memilih Agus Kossay sebagai Ketua Umum KNPB menggantikan Ketua Umum KNPB sebelumnya Victor Yeimo. Selain memilih Agus Kossay secara resmi, Konggres juga memilih Warpo Warius Wetipo sebagai Ketua I dan Veronika Hubi sebagai Sekretaris Umum. Pengurus KNPB Pusat yang baru dipilih juga dibantu oleh Komisariat dan Bidang-Bidang yang dibentuk sesuai kebutuhan perjuangan.

Baca jugaKonggres II KNPB Secara Demokratis Memilih Pengurus Baru

Belum lama ini, Jubir Internasional KNPB Victor Yeimo menjadi salah satu panelis pada Konferensi Resolusi Konflik West Papua yang diselenggarakan di Berlin, Jerman, pada 14-15 Mei 2019. Konferensi ini diinisiasi oleh International Coalition for Papua. Selain KNPB, turut diundang pula GKI Tanah Papua, Amnesty International, WestPapua Network, Human Rights Watch, LIPI, Dewan Gereja Pasifik, Dewan Gereja sedunia (WCC), Tapol, Jubi, GKIP Biro Keadilan dan Perdamaian, Indonesian Watch, ILWP dan perwakilan ULMWP di Jerman.

Baca juga : Jubir Internasional KNPB Jadi Panelis di Konferensi Resolusi Konflik West Papua di Berlin. [R-TA]

Iklan
About Tribun Arafura (263 Articles)
Media Online

1 Comment on KNPB Wilayah Baliem Galang Dana dan Kuatkan Basis Massa

  1. Reblogged this on .

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: