Bupati Merauke Ajak Gelar Rapat Tikar Adat Sikapi Minimnya OAP Lolos ke Legislatif

Bupati Merauke Frederikus Gebze.@Ist - Tribun-Arafura.com

MERAUKE, Tribun-Arafura.com — Bupati Merauke Frederikus Gebze mengusulkan dan mengajak para kepala daerah lainnya dan LMA (Lembaga Masyarakat Adat) se-Tanah Papua untuk menggelar Rapat Tikar Adat Papua untuk menyikapi minimnya OAP (Orang Asli Papua) yang lolos ke DPRD, DPRP dan DPR-RI dalam Pemilu serentak 17 April lalu.

“Rapat Tikar Adat Papua ini untuk membuat rekomendasi yang nantinya akan diusulkan ke presiden agar menambah kuota Anggota Dewan Perwakilan Rakyat. Kami di Kabupaten Merauke siap untuk menggagas dan membiayai kursi 15 orang ini sambil menunggu anggaran dana otonomi khusus (Otsus),” jelas Frederikus belum lama ini di Kota Jayapura.

Menurut Frederikus, Rapat Tikar Adat Papua akan dilanjutkan dengan penyerahan aspirasi yang intinya meminta kepada Presiden untuk mengeluarkan Keputusan Presiden (Kepres) tentang Pembentukan dan Pengangkatan Anggota DPRK (Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten/Kota) se-Papua sebagai bentuk representatif OAP untuk duduk di kursi legislatif.

“Hal ini dilakukan untuk menepis ketertinggalan agar ada anak Papua duduk di legislatif dan sebagai warna demokrasi di Papua. Untuk itu, saya ingin mengajak para bupati dan walikota agar mengambil langkah. Sebab kalau tidak, bisa dipastikan tahun 2024 kita menjadi penonton di tanah sendiri,” jelas Bupati Frederikus Gebze.

Bupati Frederikus Gebze melanjutkan, dari hasil pelaksanaan Pemilu untuk pemilihan legislatif (Pileg) di Kabupaten Merauke pada 17 April lalu, para caleg OAP yang terpilih menjadi legislator sangat minim.

“Ini yang buat saya sedih. Pleno telah final, kita tak mungkin mengubah hasilnya yang berjalan dengan aman dan tertib itu. Tapi kita bisa minta presiden keluarkan Kepres soal OAP ini,” ujarnya.

Menurut rencana, acara Rapat Tikar Adat Papua akan digelar pada Senin (03/06/19) besok bertempat di Kantor Bupati Merauke.

Sebelumnya LMA Malind Anim-Ha telah menyikapi minimnya keterwakilan OAP secara khusus suku Marind hasil Pileg 17 April lalu. Mereka menggelar protes dengan memasang sasi adat di pelataran Kantor DPRD Kabupaten Merauke. [TA]

About Tribun Arafura (287 Articles)
Media Online

1 Trackback / Pingback

  1. Gelar Rapat Tikar Adat Papua, Masyarakat Malind Anim Desak Presiden Jokowi Terbitkan Perpres Pengangkatan Anggota DPRD Kabupaten/Kota Se-Papua – Tribun Arafura

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: