Brigjen Ayub Waker Beberkan Sumber Senjata TPNPB KODAP VIII Intan Jaya

AK 308 buatan Rusia yang kini banyak digunakan oleh para gerilyawan sebagai senjata standar.@Ist

TIMIKA, Tribun-Arafura.com — Panglima Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) KODAP VIII Intan Jaya Brigjen Ayub Waker telah mengeluarkan perintah untuk menyerang PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Mimika, Papua.

Perintah penyerangan tertuang dalam rilis pers dan video yang diterima Redaksi Tribun-Arafura.com pada Selasa (06/05/2019) kemarin. (Baca : Brigjen TPNPB Ayub Waker Nyatakan Akan Serang PT Freeport).

Apa jenis senjata yang dimiliki pasukan Brigjen Ayub Waker dan berapa jumlahnya?

Kepada Tribun-Arafura.com, Jubir KOMNAS TPNPB Sebby Sambom memaparkan, pasukan Brigjen Ayub Waker memiliki senjata canggih standar militer dalam jumlah banyak. Sebby mengatakan, senjata-senjata itu merupakan hasil rampasan dari TNI-Polri dan ada yang dibeli dari Militer Indonesia.

“Pasukan Ayub Waker memiliki senjata canggih standar militer dalam jumlah banyak. Senjata tersebut dari hasil rampasan milik Militer dan Polisi Indonesia, ada juga yang dibeli dari militer Indonesia,” bebernya.

Sebby Sambom melanjutkan, perang gerilya yang dilancarkan TPNPB tetap berpegang pada prinsip-prinsip perang Komando Nasional TPNPB yang telah diatur dalam 12 pasal, dan telah diumumkan oleh Kepala Staf Operasi Markas Pusat Mayjend Lekagak Telenggen pada Januari 2018 lalu di Markas Gimagi Yambi Puncak Jaya Papua.

“Sesuai perintah dari Pangkodap VIII Brigjen Ayub Waker, maka sebagai tugas dan tanggungjawab revolusi, Komandan Operasi telah menyatakan siap pimpin pasukan memasuki medan perang pada sasaran perusahaan PT Freeport Indonesia di Tembagapura,” pungkas Sebby.

TPNPB adalah sayap militer Organisasi Papua Merdeka atau OPM. OPM merupakan organisasi tertua dan induk dari semua organisasi gerakan perlawanan yang ada di tanah Papua.

Namun banyak kelompok meninggalkan, bahkan menyangkal OPM, mengikuti propaganda dan konspirasi modal asing yang menuduh gerakan bersenjata Papua Merdeka yang dipimpin OPM sebagai gerakan teroris yang akan menjadi musuh dunia Barat.

Untuk menampik semua tudingan menyesatkan terhadap OPM dan sayap militernya, OPM berhasil membenahi struktur sipil dan militernya dan mulai efektif melancarkan perang pembebasan dan diplomasi politik dalam 5 tahun terakhir. [TA]

Iklan
About Tribun Arafura (235 Articles)
Media Online

1 Comment on Brigjen Ayub Waker Beberkan Sumber Senjata TPNPB KODAP VIII Intan Jaya

1 Trackback / Pingback

  1. Brigjen Ayub Waker Himbau Sipil Tak Bersenjata Segera Tinggalkan Areal PT Freeport – Tribun Arafura

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: