Mantan Pejuang Papua Franzalbert Yoku Meninggal Dunia

Franzalbert Yoku bersama Presiden Joko Widodo.@Facebook.com.

JAYAPURA, Tribun-Arafura.com — Mantan Pejuang Papua Franzalbert Yoku (66 tahun) meninggal dunia di RS Bhayangkara Jayapura pada hari ini, Minggu (28/04) sekitar pukul 14.15 WIT.

Kepala Rumah Sakit (Karumkit) RS Bhayangkara AKBP dr Herri B di Kota Jayapura kepada sejumlah media mengatakan Franzalbert Yoku masuk Rumah Sakit pada Jumat pekan lalu dan meninggal hari Minggu petang tadi karena sakit jantung dan gagal ginjal.

“Waktu masuk ke RS Bhayangkara pada Jumat pekan lalu. Pak Franz sakit jantung dan gagal ginjal,” kata AKBP Herri.

Dikutip dari situs Wikipedia
Franzalbert Yoku lahir di Sentani, Papua, 20 Februari 1953. Sejak tahun 1967 saat itu masih berusia 17 tahun, Franzalbert Yoku ikut keluarganya mengungsi ke negara tetangga Papua New Guinea (PNG) karena situasi keamanan di Papua tidak kondusif.

Selama di PNG, sejak tahun 1975 -1992 Franzalbert Yoku bekerja sebagai wartawan di media PNG Post Courier selama 17 tahun. Setelah keluar dari wartawan, Franzalbert beralih karier di Kantor Perdana Menteri sebagai Sekretaris Press selama 1 tahun kemudian diangkat menjadi Kepala Staf.

Pada tahun 1997 Franzalbert bekerja dengan 2 wakil Perdana Menteri juga bekerja untuk 3 menteri kabinet di PNG.

Setelah Konggres Nasional Papua ke-II pada tahun 2000, Franzalbert Yoku diberi mandat sebagai Perwakilan Presidium Dewan Papua Wilayah Pasifik. Bersama koleganya Rex Rumakiek dan Andy Ayamiseba, Franzalbert Yoku pernah menghadiri Millenium Summit Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2000 di New York Amerika Serikat dibawah bendera Republik Vanuatu.

Tahun 2005-2006 sebelum pindah ke Papua Franzalbert sempat menjabat sebagai Kepala Staf di Kantor Kepala Oposisi PNG.

Sejak tahun 2006 – sekarang dirinya terlibat dalam sebuah Yayasan yang kini dikelolanya bernama Independent Group Supporting Otonomous Region Of Papua Within Republik Indonesia.

Hingga akhirnya pada September 2007 Gubernur Papua, Barnabas Suebu SH melakukan kunjungan kerja ke PNG dan meminta untuk seluruh warga Papua kembali ke tanah air (Papua) dan atas dorongan itulah Franzalbert Yoku kembali ke Tanah Papua.

Sejak kembali ke Papua pria yang sangat fasih berbahasa Inggris dan Tok Pidgin ini menjadi Tokoh Pro Indonesia dan bersama rekannya Nick Messet, aktif memperjuangkan perubahan Tanah Papua dalam konteks NKRI.

Dari pantauan Tribun-Arafura.com, akun Facebook almarhum Franzalbert Joku banyak mendapat ucapan belasungkawa dari keluarga maupun koleganya di Indonesia maupun di luar negeri. [TA]

Iklan
About Tribun Arafura (261 Articles)
Media Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: