HUT Proklamasi RMS Ke-69 Diperingati di Vanuatu

Pimpinan Executive FKM-RMS Dr Alexander Manuputty berbusana tradisional saat HUT ke-69 RMS di Port Vila Vanuatu.@Ist

PORT VILA, Tribun-Arafura.com — Hari Ulang Tahun Negara Republik Maluku Selatan (RMS) ke – 69 yang jatuh pada 25 April 2019 diperingati di Port Vila Vanuatu, Rabu (25/04) kemarin.

Peringatan ini dipimpin langsung oleh Pimpinan Executive Front Kedaulatan Maluku – Republik Maluku Selatan (FKM-RMS) Dr Alexander Manuputty. (Lihat Foto : HUT Republik Maluku Selatan ke-69 Diperingati di Port Vila Vanuatu)

Acara HUT Proklamasi dikemas secara Adat Maluku dan dihadiri oleh Delegasi Maluku, Aktivis Maluku Merdeka dan Aktivis Papua Merdeka.

HUT RMS Ke-69 ini didukung penuh oleh Pemerintah Republik Vanuatu, Rakyat Vanuatu dan Dewan Gereja Pasifik atau Pasific Church Council.

Republik Maluku Selatan diproklamirkan di Ambon pada tanggal 25 April 1950. Teks Proklamasinya ditandatangani oleh J.H Manuhutu dan A. Wairisal.

Berikut bunyi Proklamasi Kemerdekaan Republik Maluku Selatan :

Teks Proklamasi Republik Maluku Selatan.@Tangkap Layar dari situs michr.net

PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK MALUKU SELATAN

Memenuhi kemauan jang sungguh, tuntutan dan desakan rakjat Maluku Selatan, maka dengan ini kami proklamir KEMERDEKAAN REPUBLIK MALUKU SELATAN, de fakto de jure, jang berbentuk Republik, lepas dari pada segala perhubungan ketatanegaraan Negara Indonesia Timur dan R.I.S., beralasan N.I.T. sudah tidak sanggup mempertahankan kedudukanja sebagai Negara Bahagian selaras dengan peraturan2 Mutamar Denpasar jang masih sjah berlaku, djuga sesuai dengan keputusan Dewan Maluku Selatan tertanggal 11 Maret 1947, sedang R.I.S. sudah bertindak bertentangan dengan keputusan2 K.M.B. dan Undang2 Dasarnja sendiri.

Ambon, 25 April 1950 

Pemerintah Republik Maluku Selatan,

J.H. Manuhutu
A. Wairisal

Dilansir dari situs Wikipedia, Front Kedaulatan Maluku (FKM) adalah sebuah Organisasi di Maluku yang didirikan pada 15 Juni 2000 seiringan dengan maraknya aksi-aksi yang menginginkan kemerdekaan di daerah Maluku.

Semboyan FKM adalah “Mena Muria” yang juga merupakan semboyan dari RMS yang berarti “Siap Muka Blakang” dalam bahasa setempat. Pemimpin-pemimpin FKM juga disebut-sebut menjalin hubungan dengan para petinggi Republik Maluku Selatan(RMS) yang mengasingkan diri. FKM saat ini dipimpin oleh Dr Alexander Manuputty. [TA]

Iklan
About Tribun Arafura (285 Articles)
Media Online

1 Comment on HUT Proklamasi RMS Ke-69 Diperingati di Vanuatu

  1. Reblogged this on .

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: