LMA Malind Anim-Ha Desak KPU Kabupaten Merauke Akomodir 21 Caleg Gagal Sebagai Anggota DPRD Terpilih

Muhamad Rahmadani, salah satu pemilih yang kaget ketika undangan C6 dengan Nama dan Nomor KTP-nya sudah digunakan oleh OTK untuk mencoblos di TPS 26 Samkai Payum Kota Merauke.@IKKM

MERAUKE, Tribun-Arafura.com — Lembaga Masyarakat Adat Malind Anim-Ha di Merauke mendesak KPUD Kabupaten Merauke untuk mengakomodir 21 Caleg yang gagal memperoleh kuota suara pada Pileg 17 April 2019 lalu. Desakan LMA tertuang dalam Surat Nomor : 028/LMA-MALIND/MRK/IV/2019 yang ditujukan ke KPU Kabupaten Merauke.

Surat tertanggal 20 April 2019 ini ditandatangani oleh Frederikus Wanim Mahuze (Ketua LMA Malind Anim-Ha) dan Joseph Albin Gebze (Sekretaris LMA Malind Anim-Ha), didukung oleh 8 Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Perempuan. Tembusan Surat ini diberikan ke 70 pihak dan 1 Arsip.

Pihak LMA beralasan, ke-21 Caleg Asli Marind yang namanya terlampir tidak memperoleh kuota suara pada Pileg tanggal 17 April karena adanya money politic yang dilakukan oleh Caleg-Caleg Non Papua dan Partai Politik tertentu, Jual-Beli Form C6 KPU, Dugaan Konspirasi Kepentingan Non Papua dan Transaksi Sembako dan bahan kontak pada masa tenang.

Untuk mendukung tuntutannya, pihak LMA melampirkan sejumlah foto yang diklaim merupakan pelanggaran Pemilu yang berujung pada gagalnya ke-21 Caleg Asli Marind ini memperoleh suara rakyat.

Ke-21 Caleg yang diusulkan untuk diakomodir oleh KPU Merauke agar memperoleh kursi legislatif terdiri dari 4 Orang di Dapil I, 5 Orang di Dapil II, 4 Orang di Dapil III, 4 Orang di Dapil IV dan 4 Orang di Dapil V.

LMA bahkan mengancam akan melakukan aksi massa memboikot pleno perhitungan suara dan menduduki kantor KPU Kabupaten Merauke apabila ke-21 Caleg Asli Marind ini tidak diakomodir.

Menariknya, diantara 21 nama yang diusulkan, ternyata ada nama Rini Dewaruci Nebore yang merupakan Caleg Partai Nasdem. Dia adalah istri Bupati Merauke Frederikus Gebze.

Walaupun belum dikonfirmasi, sumber Tribun-Arafura.com mengatakan, munculnya nama Rini Nebore dalam daftar 21 Caleg yang nasibnya diperjuangkan LMA ini atas permintaan Bupati Merauke Frederikus Gebze.

“Sebagai anak Marind, Bupati Frederikus Gebze juga dukung perjuangan LMA supaya ke-21 nama-nama ini diakomodir oleh KPU Merauke sebagai Anggota legislatif terpilih,” jelas sumber ini.

Ada juga nama sejumlah Tokoh terkenal di Merauke seperti Ir. Leonardus Mahuze (Ketua Partai Perindo), Hengky Ndiken (Ketua Partai PAN), Mathius Liem Gebze (Partai Demokrat), Daniel Walinaulik (Partai Gerindra). Para tokoh ini gagal memperoleh suara mayoritas sehingga LMA Malind Anim-Ha tampil memperjuangkan nasib mereka.

Anehnya, dari data yang diperoleh Tribun-Arafura.com, tidak ada satu pun nama Caleg asal Pulau Kimaam (Dapil 4) diantara ke-21 Caleg yang nasibnya diperjuangkan pihak LMA ini, padahal Surat LMA ini turut diperkuat dengan tanda tangan Ketua LMA Kima-Kima Petrus Yamaka.

Keanehan lain adalah tidak tercantum nama Haji Willem Waros Gebze dan Christianus Pandi Mahuze, padahal keduanya adalah Caleg asli Malind Anim yang tidak memperoleh suara mayoritas pada Pileg 2019 ini dan merupakan pemilik hak ulayat Kota Merauke.

Mengenai kejanggalan ini Tribun-Arafura.com belum berhasil mengonfirmasi pihak LMA Malind Anim-Ha.

Dapil Khusus OAP

Sejak 2018 lalu, Pemuda Marind di Merauke telah mewacanakan Dapil Khusus OAP di Merauke pada Pileg 2019 ini. Tujuannya adalah untuk mengakomodir keterwakilan OAP di Legislatif Kabupaten Merauke yang selama ini dikuasai Non Papua. (Baca : Dapil Khusus OAP Merauke)

Tetapi ide yang digagas Fransiskus Ciwe dan teman-temannya di Pemuda Marind ini tidak direspon secara positif oleh berbagai stakeholder di Merauke termasuk oleh pihak LMA Malind Anim-Ha sendiri.

Akhirnya ide Dapil Khusus OAP yang direncanakan akan diberlakukan di Dapil 4 dan Dapil 5 dengan kuota 10 kursi tidak diakomodir dan para Caleg OAP berjuang masing-masing dengan kekuatan sendiri. [TA]

Iklan
About Tribun Arafura (235 Articles)
Media Online

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Ini Daftar Nama 21 Caleg Yang Diperjuangkan LMA Malind Anim-Ha dan Bupati Merauke Melalui Jalur Penunjukkan – Tribun Arafura
  2. Tidak Ada Satupun Caleg OAP Partai Nasdem Lolos ke DPRD Merauke, Bupati Merauke Dinilai Gagal Jadi Ketua  – Tribun Arafura

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: