Pakai Noken Motif Bintang Kejora, Ketua 1 KNPB Almasuh Didatangi 2 Anggota Kopassus

Ketua 1 KNPB Almasuh Manuel Metemko.@Tribun-Arafura

MERAUKE, Tribun-Arafura.com — Manuel Metemko, Ketua 1 Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Almasuh yang selalu memakai noken bermotif Bintang Kejora didatangi 2 Anggota Kopassus pada Sabtu (13/04) kemarin sore sekitar pukul 16.32 WIT di kediamannya di Jl. Kelapa 2 Kelurahan Kelapa 5, Merauke, Papua.

Kepada Tribun-Arafura.com Manuel menjelaskan, saat didatangi Kopassus, dia bersama kerabatnya di sekitar kompleks tempat tinggalnya sedang duduk di sebuah kedai sayur sambil membahas rencana ibadah Minggu Palem.

“Sambil asik diskusi, tiba-tiba dua anggota Kopassus datang dengan menggunakan motor dan berhenti sejenak di depan kami dan salah satunya datang menghampiri saya dan bertanya dengan membisik, kaka, kenapa pake noken di tempat ini?,” jelas Manuel.

Menurut Manuel, dia dengan tenang menanyakan alasan Kopassus melarang dia memakai noken bermotif Bintang Kejora, tetapi Kopassus menjawab, “kaka ini wilayah kami”.

Manuel selanjutnya bertanya, apakah karena memakai noken bermotif Bintang Kejora Kopassus ingin menangkap dan membawa dirinya ke Kantor Polisi.

Tetapi Kopassus menjawab, “bukan begitu kaka, kita disampaikan pimpinan bahwa jangan pakai begini (Bintang Kejora) disini”.

Selanjutnya Manuel menyarankan mereka agar menunjukkan aturan hukum yang melarang penggunaan noken bermotif Bintang Kejora. Tetapi kedua Kopassus itu mengatakan, mereka hanya menjalankan perintah pimpinan. Setelah itu keduanya pergi.

Satuan Kopassus di Merauke bermarkas di Jalan Doom Kelurahan Kelapa 5 Merauke. Sejak bermarkas di tengah-tengah pemukiman warga, satuan ini memiliki catatan buruk dari kaca mata Hak Asasi Manusia.

Pada Juni 2009 silam, Human Right Watch merilis sebuah laporan berjudul “Saya Bikin Salah Apa? : Kopassus Siksa Orang Papua di Merauke”.

Laporan setebal 16 halaman ini secara gamblang menggambarkan metode penyiksaan fisik maupun verbal secara brutal terhadap warga masyarakat sekitar. (Download  : Saya Bikin Salah Apa?). [TA]

Iklan
About Tribun Arafura (215 Articles)
Media Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: