Beredar Video Bupati Merauke Himbau Warga Tidak Boleh Pilih Caleg Partai Gerindra

Bupati Merauke Frederikus Gebze dalam potongan video yang kini viral di social media.@Tribun-Arafura.com

MERAUKE, Tribun-Arafura.com — Bupati Merauke Frederikus Gebze menghimbau warga masyarakat untuk tidak memilih Steven Abraham, Caleg DPR RI Dapil Papua dari Partai GERINDRA.

Himbauan Bupati yang adalah Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Merauke ini terekam dalam potongan video berdurasi 33 detik. Video tersebut kini viral di Social Media. (Nonton : Video Bupati Merauke Himbau Warga Tidak Pilih Caleg Partai Gerindra)

Dalam video ini Bupati Frederikus Gebze mengatakan, “Kami sangat menyayangkan bahwa saudara Steven Abraham sebagai Ketua DPD (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Merauke yang merupakan Anggota DPR RI pemilihan Dapil Papua ini kami menghimbau untuk tidak lagi bisa dipilih oleh masyarakat dan kita mengusut, meminta untuk dipecat dari Anggota DPD DPR RI agar ini menjadi sesuatu yang menjadi pelajaran bagi kita”.

Serangan Bupati terhadap Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Merauke Steven Abraham diketahui terkait rotasi posisi Ketua DPRD Kabupaten Merauke. Internal Partai Gerindra di Tingkat Pusat telah memutuskan Fransiskus X Sirfefa sebagai Ketua DPRD Kabupaten Merauke digantikan oleh Daniel Walinaulik. Sirfefa dan Walinaulik adalah Anggota Fraksi Gerindra di DPRD Kabupaten Merauke.

Rapat pembahasan pergantian Ketua DPRD Merauke dilakukan Rabu (27/03) pekan lalu di ruang sidang DPRD Kabupaten Merauke. Rapat berlangsung alot karena Sirfefa mempertahankan posisinya dan meminta waktu delapan hari untuk mengecek keaslian SK Partai Gerindra.

Ternyata Bupati Frederikus Gebze menganggap keputusan rotasi Ketua DPRD Kabpaten Merauke di internal Partai Gerindra adalah upaya untuk menggulingkan dirinya dari posisi Bupati.

Dikutip dari Pasifikpos.com Edisi Jumat (05/04), Bupati Frederikus Gebze mengatakan akan melaporkan Steven Abraham ke Polda Papua dengan tuduhan rencana menggulingkan pemerintahan Kabupaten Merauke yang dipimpinnya. Dia bahkan menuduh Steven Abraham telah melakukan kriminalisasi terhadap AD/ART Partai Gerindra.

Serangan Bupati Frederikus Gebze terhadap Caleg DPR RI Dapil Papua dari Partai Gerindra Steven Abraham adalah tindak pidana Pemilu yang bisa dikenai Pasal 547 UU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu.@Tribun-Arafura.com

Steven Abraham yang juga Anggota DPR RI  Komisi VI dari Fraksi Partai Gerindra ketika dikonfirmasi Tribun-Arafura.com mengatakan rekaman pernyataan Bupati dalam video ini jelas merupakan pelanggaran dan pihaknya sudah membuat pengaduan ke Bawaslu Kabupaten Merauke pada Senin (08/04) kemarin.

“Yang pasti ini pelanggaran. Sudah saya laporkan di Bawaslu kemarin. Beliau sempat tarik pernyataan konferensi pers-nya dan (video) yang di Youtube sudah dihapus tapi sudah beredar. Yang pasti ini Pidana Pemilu. Pasalnya jelas,” kata Steven Abraham.

Serangan Bupati Frederikus Gebze terhadap Steven Abraham merupakan tindak pidana Pemilu dan bisa dikenai Pasal 547 UU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu. Pasal ini menyebutkan, “Setiap pejabat negara yang dengan sengaja membuat keputusan dan/atau melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu Peserta Pemilu dalam masa Kampanye,
dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan denda paling banyak Rp. 36.000.000,00 (tiga puluh enam juta rupiah).”

Bupati Merauke Frederikus Gebze dan Wakilnya Soelarso diusung oleh Partai Gerindra pada Pilkada Merauke 2015 lalu. Saat itu Steven Abraham yang kini diserang oleh Frederikus Gebze adalah Ketua Tim Pemenangan pasangan ini. Tetapi setelah terpilih, karena tidak konsisten dengan visi-misi dan berbagai janji politik yang sudah disampaikan ke masyarakat, Bupati Frederikus Gebze akhirnya ditinggalkan oleh hampir sebagian besar Tim Sukses-nya.

Saat mulai kampanye sampai memenangkan Pilkada saat itu, Media Citizen Journalism Tribun Arafura yang saat itu beralamat di tribunarafura.com menjadi satu-satunya media yang mendukung pasangan Frederikus Gebze-Soelarso.

Tetapi menjelang rekapitulasi perolehan suara, tribunarafura.com di-suspend sehingga beralih ke alamat baru tribun-arafura.com. Selanjutnya alamat yang baru ini hanya memuat tujuh berita tentang pasangan ini. (Baca : Pilkada Merauke 2015).[TA]

Iklan
About Tribun Arafura (215 Articles)
Media Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: