Pemilu 2019 dan Fokus Mogok Sipil Nasional

Victor Yeimo, Jubir Internasional KNPB.@Facebook.com

Oleh : Victor Yeimo*

Bangsa Papua hargai demokrasi formal rakyat Indonesia melalui Pemilu 2019. Termasuk menghargai rakyat Indonesia yang akan memilih untuk tidak memilih (Golput). Kita rakyat West Papua hanya akan ikut serta dalam sistem demokrasi negara West Papua yang sedang kita perjuangkan.

Alasannya jelas, rakyat Indonesia telah memiliki hak politik melalui kemerdekaan 17 Agustus 1945. Sementara kami rakyat West Papua yang masih dijajah belum memiliki status politik yang sah dibawa hukum international. Kita masih berjuang untuk penentuan nasib sendiri sebagai solusi demokratis.

Kalau ada orang Papua yang ikut serta dipilih dan memilih, saya pastikan itu hanyalah dampak pemaksaan politik kolonialisme yang hegemonik. Itu bukan indikator utama legitimasi Indonesia di West Papua. Ini hanyalah efek domino dari situasi rakyat koloni menghadapi realitas ketertindasan.

Artinya, Pemilu Indonesia tidak akan menghilangkan cita-cita bangsa Papua untuk merdeka keluar dari kolonialisme Indonesia. Sementara penguasa Indonesia yang masih melihat West Papua sebagai proxy pencitraan dan exploitasi SDA tidak akan berhasil meng-indonesianisasi bangsa Papua.

Pemilu tidak akan merubah fakta bahwa rakyat West Papua sedang habis musnah. Kapitalisasi dan militerisasi wilayah West Papua secara masif terus berlangsung. Karenanya, Pemilu juga tidak merubah fakta konsolidasi kekuatan rakyat West Papua menuju agenda Mogok Sipil Nasional (MSN) sebagai puncak perlawanan rakyat Papua melawan kolonialisme Indonesia.

MSN itu agenda rakyat semesta Papua, yang harus dipersiapkan dengan tahapan mobilisasi yang strategis dan terpimpin. Tidak asal-asalan. MSN adalah puncak kesadaran rakyat Papua yang dilaksanakan melalui aksi damai dan bermartabat. Sebagai jalan merebut revolusi demokratik yang sejati.□

*Juru Bicara Internasional Komite Nasional Papua Barat

Iklan
About Tribun Arafura (285 Articles)
Media Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: