Empat Anak Papua Dianiaya Sembilan Orang Dewasa Non-Papua di Boven Digoel : Satu Meninggal Dunia, Tiga Luka-luka

Jenazah Vanpey Dengraus Kuropk, pemuda korban tewas akibat dikeroyok 9 orang dewasa di Tanah Merah Boven Digoel, Papua.@Facebook.com

TANAH MERAH DIGOEL, Tribun-Arafura.com — Empat orang anak Asli Papua berusia belasan tahun dikeroyok sembilan orang dewasa asal suku Toraja di Tanah Merah, Boven Digoel, Papua pada Senin (01/04) dinihari sekitar pukul 01.00 WIT. Akibat penyeroyokan itu satu anak bernama Vanpey Dengraus Kuropk meninggal dunia sedangkan tiga lainnya, Alfadison Mahuze, Kiki Andap dan Pike mengalami luka-luka dan dirawat di RSUD Boven Digoel. Sementara sembilan pelakunya sudah diamankan pihak Kepolisian.

Kejadian pengeroyokan bermula ketika ke-4 anak ini sedang dalam perjalanan pulang dari satu tempat ke rumah mereka di kawasan Kampung Timur melewati SD INPRES dan Gereja Katolik di Kilometer 1 sekitar pukul 01.00 WIT.

Keempat anak ini, yang sepertinya bertengkar, tiba-tiba dihadang dan dikeroyok oleh sekumpulan orang Toraja berjumlah sembilan orang yang sudah dalam keadaan mabuk.

Saat dikeroyok, salah satu korban bernama
Vanpey Dengraus Kuropk sempat meloloskan diri menuju rumahnya di Belakang Harmanise Kampung Timur dan melaporkan kejadian ini kepada orang tuanya. Selang berapa menit kemudian, Vanpey Dengraus Kuropk kembali ke tempat kejadian untuk menyelamatkan ketiga teman-temannya yang sedang dikeroyok.

Nasib naas rupanya menimpa Vanpey Dengraus Kuropk. Dia justru ditahan oleh sembilan pelaku dan dikeroyok hingga tewas di tempat.

Tidak terima dengan kejadian ini, pihak keluarga korban pada Senin (01/04) sekitar pukul 18.30 WIT membakar satu unit rumah milik keluarga Toraja di sekitar SD INPRES Tanah Merah. Kerusuhan berlanjut pada hari ini, Selasa (02/04). Massa membakar ban mobil dan memalang jalan dengan mendirikan tenda di depan Harmanise.

Sumber Tribun-Arafura.com mengatakan, Polisi dan Tentara sibuk mengamankan massa dan melindungi rumah orang-orang Toraja di seluruh kota Tanah Merah.

Menurut rencana, jenazah Vanpey Dengraus Kuropk akan diarak keliling kota Tanah Merah dan akan dimakamkan di pekarangan rumah duka di Kampung Timur Belakang Harmanise. Para tetua adat Boven Digoel akan segera menggelar pertemuan untuk menyikapi pembunuhan ini.[TA]

Iklan
About Tribun Arafura (215 Articles)
Media Online

2 Comments on Empat Anak Papua Dianiaya Sembilan Orang Dewasa Non-Papua di Boven Digoel : Satu Meninggal Dunia, Tiga Luka-luka

  1. OMG, knapa terjadi sprti ini, iblis apa yg telah merasuki ini org Toraja kok smpe mbunuh d tana org n ngeroyok LG. Mkax klo merantau ke kampung org jgn bawa sifat dr kampung. Apalagi minum² sampe mabuk klo hal seperti itu GK bisa d rubah mending ttp d kampung aza nikmati hidup apa adX, merantau k negri org bukanx mencari sesuap Nasik at mencari keberuntungan biar hidup lebih baik kdepan tp malah membawa sifat tak terpuji kenegeri org lain, iblis apa yg telah merasukix, semoga kedepannya LBH baik, Tuhan Yesus memberkati.

    Suka

  2. Saya sebagai orang Toraja pertama-tama mengucapkan turut berduka yang mendalam bagi keluarga yang ditinggal.
    saya sudah biasa berinteraksi dengan masyarakat papua yang selama ini saya tahu baik-baik orangnya, sederhana, wellcome, dan mudah akrab walau baru ketemu.
    saya sangat kaget dengan berita ini dan tentunya sangat mengecam tindakan sesama suku saya di papua khusunya daerah boven digoel. Baru kali ini saya melihat kejadian yang sangat di luar nalar saya mereka bisanya dengan keji melakukan pembunuhan apalagi di kampung orang. Selama ini orang2 toraja menjaga sikap dan hal tersebut sudah ditanamkan oleh para tetua di kalangan orang toraja sendiri apalagi di negeri orang. Sungguh ironis hal tersebut terjadi di tanah orang tempat mereka mengais rezeki…apalagi dilatarbelakngi dengan mabuk mabukan.
    mereka itu layak dihukum sesuai dengan hukum yang berlaku.
    Semoga rekan2 toraja yang lain dimanapun kalian berada untuk menjaga sikap tidak menimbukan kekacauan di tanah orang tempatmu mengaiz rezeki.
    Salam soldomi

    Suka

1 Trackback / Pingback

  1. Ini Pernyataan Sikap Lima Suku Besar Boven Digoel Menyikapi Pembunuhan Vanpey Dengraus Kuropk – Tribun Arafura

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: