KPA Provinsi Papua Apresiasi Komitmen Bupati Jayawijaya Berantas Miras

Gubernur Papua Lukas Enembe melantik Yan Matuan sebagai Ketua Harian KPA Provinsi Papua di Hotel Sahid, Jayapura beberapa waktu lalu.@Ist

JAYAPURA, Tribun-Arafura.com — Ketua Harian Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Papua Yan Matuan mengapresiasi komitmen dan ketegasan Bupati John R Banua memberantas Minuman Keras di Kabupaten Jayawijaya.

Kepada Tribun-Afarura.com via jejaring Whatsapp, Yan Matuan mengatakan komitmen dan ketegasan Bupati John R Banua memberantas Miras adalah salah satu langkah menyelamatkan masyarakat Papua.

“Kami dari KPA Papua memberikan apresiasi kepada Bupati Jayawijaya karena tindakan yang dilakukan adalah salah satu langkah menyelamatkan masyarakat Papua,” kata Yan Matuan Selasa (12/03) kemarin.

Lebih lanjut Yan Matuan menandaskan, data yang diperoleh KPA Papua saat ini menunjukkan HIV/AIDS telah menjangkiti lebih dari 39 ribu orang di Tanah Papua dan jumlahnya akan terus meningkat.

“Faktor ini berasal dari Miras karena Miras adalah pemicu terjadinya seks bebas hingga akhirnya tertular penyakit HIV/AIDS yang dapat membunuh orang Papua secara diam-diam,” tegas Yan.

Oleh karena itu, Yan menandaskan, pihaknya tengah merekrut relawan KPA untuk diterjunkan ke seluruh Kabupaten/Kota di Papua untuk melakukan sosialisasi dan pencegahan dalam rangka menyelamatkan ‘sisa dari yang tersisa’. (Baca : Gubernur Lukas Enembe Lantik Yan Matuan Sebagai Ketua Harian KPA Provinsi Papua).

“Relawan yang kami rekrut akan turun ke masing-masing Kabupaten/Kota di Papua untuk memberikan sosialisasi dan pencegahan terhadap penyakit HIV/AIDS termasuk minuman keras,” tegas Yan.

Belum lama ini Dinas Kesehatan Provinsi Papua merilis jumlah kasus HIV/AIDS di Provinsi Papua telah menembus angka 38.874 per 30 September 2018. Angka ini membuat Provinsi Papua menempati posisi tertinggi di Indonesia berdasarkan presentasi jumlah penduduk.

Bupati Jayawijaya John R Banua, Senin (11/03) lalu merendam puluhan Agen Miras dan PSK di sebuah kolam di Wamena sambil ditonton warga. Mereka ditangkap dari berbagai tempat di dalam kota Wamena. (Lihat Foto : Pemkab Jayawijaya Rendam PSK dan Agen Miras di Wamena). [TA]

Iklan
About Tribun Arafura (285 Articles)
Media Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: