Gubernur Lukas Enembe Lantik Yan Matuan Sebagai Ketua Harian KPA Provinsi Papua

Gubernur Papua Lukas Enembe yang juga Ketua Umum KPA Provinsi Papua melantik Yan Matuan sebagai Ketua Harian KPA Provinsi Papua.@Ist

JAYAPURA, Tribun-Arafura.com — Gubernur Papua Lukas Enembe melantik Yan Matuan sebagai Ketua Harian Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Papua di Hotel Sahid Papua, Entrop
Kamis (20/12) kemarin.

Gubernur Lukas Enembe yang adalah Ketua Umum KPA Provinsi Papua dalam sambutanya menegaskan, distribusi tugas dalam kepengurusan yang baru ini harus jelas siapa menangani apa dan dari wilayah mana.

“Saya akan lihat lima tahun ke depan di bawah kepengurusan yang baru ini. Saya minta distribusi tugas di dalam kepengurusan harus jelas, siapa tangani apa dan dari wilayah mana saja sehingga semuanya harus jelas,” tegas Gubernur.

Lanjut Gubernur Enembe, menjadi tugas KPA untuk memberikan sosialisasi agar mereka yang terkena HIV/AIDS bisa memahami pentingnya kesehatan dan mengkonsumsi obat ARV.

“Bagi mereka yang terkena penyakit, tugas KPA memberikan sosialisasi agar mereka memahami terhadap pentingnya kesehatan. Kalau sudah kena, disarankan untuk harus minum oat ARV,” harapnya.

Gubernur mengatakan, obat ARV sangat penting untuk memberikan pertolongan kepada penderita beberapa tahun ke depan.

Lebih lanjut Gubernur Enembe mengharapkan, KPA dibawah Ketua Harian Yan Matuan bisa menjalin kerjasama dengan berbagai stakeholders yang ada, termasuk pihak LSM dan Gereja.

“(KPA) Harus bekerjsama kepada semua stakeholder, termasuk (LSM dan) pihak gereja,” harapnya.

Sementara itu Yan Matuan yang baru saja dilantik sebagai ketua Harian KPA Provinsi Papua menegaskan, pihaknya akan tetap menjalankan tugas yang disampaikan langsung oleh Gubernur Papua yang juga sebagai ketua umum KPA Provinsi Papua.

“Beberapa penekanan yang disampaikan Gubernur Papua kini menjadi tanggungjawab kami, karena Gubernur Papua sudh mengetahui bahwa penyakit HIV/AIDS di tanah Papua secara perlahan-lahan membunuh orang. Upaya untuk mencegah inilah yang menjadi  tanggungjawab kami,”  ujarnya.

Untuk menekan laju perkembangan penyakit HIV/AIDS, Yan Matuan mengajak agar semua masyarakat lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dan menjaga keharmonisan di dalam keluarga.

“Kalau hal ini sudah dilaksanakan baru kita bicara keluar untuk memberikan kepedulian terhadap ancaman penyakit HIV/AIDS,” ajak Yan.

Yan Matuan juga menegaskan, memberantas penyakit HIV/AIDS tidak harus memiliki sekolah yang tinggi, tapi butuh kepedulian semua orang untuk memberantasnya.

Belum lama ini Dinas Kesehatan Provinsi Papua merilis jumlah kasus HIV/AIDS di Provinsi Papua telah menembus angka 38.874 per 30 September 2018. Angka ini membuat Provinsi Papua menempati posisi tertinggi di Indonesia berdasarkan presentasi jumlah penduduk. [TA]

About Tribun Arafura (287 Articles)
Media Online

1 Trackback / Pingback

  1. KPA Provinsi Papua Apresiasi Komitmen Bupati Jayawijaya Berantas Miras – Tribun Arafura

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: