259 Caleg Akan Bertarung Merebut 25 Kursi DPRD Kabupaten Asmat

Kantor KPU Kabupaten Asmat. Sebanyak 259 Caleg akan bertarung di Pileg 2019 mendatang memperebutkan 25 kursi DPRD Kabupaten Asmat.@Tribun-Arafura.com

AGATS, Tribun-Arafura.com — Sebanyak 259 Calon Anggota Legislatif (Caleg) yang namanya telah dirilis KPU Kabupaten Asmat dalam Daftar Calon Tetap (DCT) per 20 September 2018 akan bertarung di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang. Mereka akan memperebutkan 25 kursi DPRD Kabupaten Asmat, Papua.

Ke-259 Caleg ini diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA),  Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golongan Karya (GOLKAR), Partai Nasional Demokrat (NASDEM), Partai GARUDA, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Indonesia (PPI), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA) dan Partai Demokrat.

Kabupaten Asmat terbagi dalam 3 Daerah Pemilihan (Dapil). Dapil Asmat 1 memiliki kuota 11 kursi terdiri dari 8 distrik yaitu distrik-distrik Agats, Akat, Jetsy, Unir Sirau, Sawa Erma, Joerat, Pulau Tiga dan Suru-Suru.

Dapil Asmat 2 memiliki kuota 7 kursi terdiri dari 9 distrik yaitu distrik-distrik Atsy, Kolf Braza, Betcbamu, Sirets, Suator, Ayip, Jutu, Awyu dan Koroway-Bulanop.

Sedangkan Dapil Asmat 3 memiliki kuota 7 kursi terdiri dari distrik-distrik Pantai Kasuari, Derkoumur, Safan, Fayit, Kopay dan Aswi.

Dari data yang diperoleh Tribun-Arafura.com diketahui bahwa kuota 11 kursi untuk Dapil Asmat 1 diperebutkan oleh 120 Caleg, kuota 7 kursi untuk Dapil Asmat 2 diperebutkan oleh 69 Caleg dan Dapil Asmat 3 yang juga memiliki kuota 7 kursi seperti Dapil 2 diperebutkan oleh 70 Caleg.

Dari total 25 Anggota DPRD Kabupaten Asmat hasil Pileg 2014 lalu diketahui hanya ada 7 putra pribumi Asmat yaitu Benediktus Wusir, Yusak Bokowi, Harun Amiyaram, Simson Bivak, Bernardus Kawem, Aloisius Sosokcemen, Yosam Heluka dan Agus Ujin. [TA]

Iklan
About Tribun Arafura (170 Articles)
Media Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: