Ini Ajakan Uskup Aloysius Murwito Menyambut 50 Tahun Keuskupan Agats

Pastor Innocentius Retobjaan (Pastor Paroki) didampingi Bapak Donatus Tamot (Ketua Dewan Paroki) melepas balon Jubelium Keuskupan Agats di depan Gereja Katolik Kristus Raja Mbait di Agats, Papua, Minggu (25/11) kemarin. @Tribun-Arafura.com

AGATS, Tribun-Arafura.com — Uskup Mgr. Aloysius Murwito, OFM mengajak umat Katolik di Keuskupan Agats untuk tidak hanya melakukan karya rohani tetapi bertindak secara nyata demi kesejahteraan bersama.

Ajakan ini disampaikan Uskup Aloysius dalam rangka menyambut tahun Jubelium Keuskupan Agats yang pada 23 November 2019 mendatang genap berusia 50 tahun. (Baca : Keuskupan Agats Menyongsong Jubelium Agung Tahun 2019).

“Dalam rangka merayakan 50 Tahun Keuskupan Agats, maka pada tahun 2018 ini, saya mengajak umat untuk tidak hanya melakukan karya rohani tetapi bertindak secara nyata demi kesejahteraan bersama,” ajak Uskup Aloysius.

Lebih lanjut Uskup Aloysius mengajak umat untuk mewartakan karya keselamatan Tuhan secara nyata melalui pemberdayaan ekonomi, kesehatan, pendidikan, perjuangan HAM, budaya dan bidang jasmani lainnya.

Perayaan 50 Tahun Keuskupan Agats dicanangkan oleh Uskup Agats Mgr. Aloysius Murwito OFM pada 5 Maret 2017 lalu di Agats.

Keuskupan Agats berdiri pada tanggal 23 November 1969. Saat ini Keuskupan Agats terdiri dari 16 Paroki yaitu Paroki Katedral, Paroki Mbait, Paroki Kapi, Paroki Warse, Paroki Kamur, Paroki Pirimapun, Paroki Sawa Erma, Paroki Suator, Paroki Yaosakor, Paroki Ayam, Paroki Yamasj,
Paroki Komor, Paroki Mumugu, Paroki Bayun, Paroki Atsj, Paroki Senggo.

Keuskupan Agats berpusat di Kota Agats, Distrik Agats. Mayoritas penduduk Distrik Agats beragama Katolik dan memiliki 13 Gereja, disusul dengan Kristen Protestan yang memiliki 20 Gereja dan kemudian pemeluk Agama Islam dengan 3 Masjid.

Sejak Keuskupan Agats berdiri pada tahun 1969, baru ada satu anak pribumi Asmat yang menurut rencana akan ditahbiskan menjadi pastor pada tahun 2019 mendatang.

Puncak perayaan Jubelium Keuskupan Agats tanggal 23 November 2019 mendatang akan dipusatkan di Kota Agats dan akan disatukan dengan kegiatan Festival Budaya Asmat tahun 2019. [TA]

Iklan
About Tribun Arafura (170 Articles)
Media Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: