Theresia Mahuse Pimpin KPU Kabupaten Merauke

Theresia Mahuse, SH, Perempuan Marind pertama yang terpilih sebagai Ketua KPU Kabupaten Merauke.@Facebook.com

JAKARTA, Tribun-Arafura.com — Theresia Mahuse, SH, secara resmi terpilih sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merauke periode 2019-2023 pada Kamis (15/11) malam sesaat setelah digelar acara pelantikan Komisioner KPU dari delapan Kabupaten di Papua di Hotel Grand Bidakan Pancoran, Jakarta.

Theresia Mahuse merupakan putri Marind pertama yang diberi kepercayaan memimpin lembaga KPU Kabupaten Merauke.

Theresia terpilih di tengah manuver kelompok kepentingan sempit anti pribumi Marind yang memperdaya Lembaga Adat Malind Imo sehingga terbit sebuah surat dukungan kepada Syahmuar M.Zein, S.Sos, M.AP.

Selain memperdaya Lembaga Adat Malinfd Imo, sumber Tribun-Arafura.com di Merauke menyebutkan, kelompok kepentingan sempit ini sempat menelpon dan menekan Theresia Mahuse untuk tidak berpikir menjadi Ketua KPU Merauke.

Menanggapi manuver kelompok kepentingan sempit ini, Tokoh Pemuda dan Intelektual Marind Fransiskus Ciwe menegaskan, Theresia Mahuse adalah satu-satunya anak Marind yang lolos seleksi sehingga perlu diberi kesempatan menduduki jabatan Ketua KPU Merauke.

“Satu-satunya Anak Marind yang lolos sebagai Komisioner KPU Merauke adalah saudari Theresia Mahuse, SH, maka berikan hak kesulungan kepada pemilik hak. Yang lain stop bikin manuver,” tegas Ciwe kepada Tribun-Arafura.com.

Lebih lanjut Ciwe menjelaskan, saatnya perempuan diberi peranan karena sudah beberapa kali jabatan Ketua KPU Merauke dipegang oleh laki-laki.

“Perempuan perlu di beri peranan juga, karena sudah beberapa kali selalu yang jadi Ketua KPU adalah laki-laki dan sekarang sudah waktunya emansipasi wanita terhadap semua jabatan, kapan lagi kalau bukan sekarang perempuan harus diberi peluang dan kesempatan menunjukkan kemampuan kerjanya,” tandas Ciwe.

Ciwe menyebutkan, Theresia Mahuse punya hak penuh untuk jadi apa saja di atas tanah Adat Anim-Ha termasuk jadi Ketua KPU.

Adapun ke-lima Komisioner KPU Kabupaten Merauke yang dilantik adalah Frans Papilaya, SE, M.Si, Theresi Mahuse, SH, Rosina Yustina Marise Kebubun, S.IP, M.AP, Syahmuar M. Zein, S.Sos, M.AP dan Michael Sarawan. [TA]

Iklan
About Tribun Arafura (170 Articles)
Media Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: