Mahasiswa dan Masyarakat Boven Digoel Tuntut Bupati Benediktus Tambonop Copot Kepala Dinas Pendidikan

Para siswa SD YPPK Upkim berpose di halaman sekolah.@Alfonsa Jumkon/Facebook.com

JAYAPURA, Tribun-Arafura.com — Masyarakat dan Mahasiswa asal Kabupaten Boven Digoel di Jayapura yang tergabung dalam wadah Forum Gerakan Peduli Pembangunan Boven Digoel (FGPP-BD) menuntut Bupati Benediktus Tambonop segera mencopot Rufus Burok dari jabatan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Boven Digoel. (Baca : FGPP-BD Demo Damai ke DPRP Pertanyakan Visi-Misi Bupati – Wakil Bupati Boven Digoel)

Tuntutan ini tertuang dalam Pernyataan Sikap yang dibacakan saat aksi demo damai di Gedung DPR Provinsi Papua, Kamis (30/08) kemarin.

Rufus dinilai gagal mengurus pendidikan dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Boven Digoel selama lebih dari 14 Tahun menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan.

Untuk memperkuat tuntutan, FGPP-BD pun membeberkan berbagai ketimpangan di bidang pendidikan dasar yang terjadi selama jabatan Kepala Dinas Pendidikan dipegang oleh Rufus Burok.

SD YPPK Santo Fransiskus Xaverius Dumutu, Kampung Upkim Distrik Woropko Kabupaten Boven Digoel yang kekurangan guru dan fasilitas pendidikan menjadi sorotan FGPP-BD.

SD yang gedungnya dibangun menggunakan dana Respek Tahun 2012 ini hanya memiliki 2 orang guru yaitu Norbertha, seorang guru bantu tamatan SMA, dan Yonas Kajok, lulusan KPG.

Kedua guru ini harus mengajar 6 kelas dengan fasilitas yang sangat minim dan kondisi bangunan yang lapuk.

Kepada Tribun-Arafura.com, Koordinator Aksi Imanuel Wagoyop mengatakan potret SD Upkim mewakili kondisi sesungguhnya yang dialami banyak Sekolah Dasar di Kabupaten Boven Digoel.

FGPP-BD dalam aksi ini mengajukan 13 poin tuntutan, diantaranya meminta Bupati Boven Digoel agar segera mencopot Kepala Dinas Pendidikan Rufus Burok.

“Bupati Boven Digoel Benediktus Tambonop S.STP segera mencopot Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Boven Digoel Rufus Burok, karena sudah 14 tahun ia telah menduduki jabatan Kepala Dinas Pendidikan tetapi tidak menghasilkan Sumber Daya Manusia Boven Digoel yang Produktif dan Aktif,” tulis FGPP-BD dalam Pernyataan Sikap yang sempat dibacakan.[TA]

Iklan
About Tribun Arafura (166 Articles)
Media Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: