Ketua Panwas Pemilu Kabupaten Boven Digoel Duater Mastur Purba Ternyata Sedang Menduduki Jabatan di Pemerintahan

TANAH MERAH, Tribun-Arafura.com — Duater Mastur Purba, Ketua Panitia Pengawas (Panwas) Pemilihan Umum Kabupaten Boven Digoel untuk Pilgub Papua tahun 2018 ternyata memiliki jabatan di Pemerintahan Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua.

Posisi Duater sebagai pemegang jabatan di Pemerintahan dan pada saat yang sama menjabat Ketua dan Komisiomer Panwaslu Kabupaten Boven Digoel bertentangan dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2011 Tentang Penyelenggara Pemilihan Umum secara khusus Pasal 85 huruf i dan huruf l. (Download : Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2011 Tentang Penyelenggara Pemilihan Umum).

Dalam Pasal 85 huruf i disebutkan, syarat untuk menjadi anggota Bawaslu, Bawaslu Provinsi, Panwaslu Kabupaten/Kota dan Panwaslu Kecamatan serta Pengawas Pemilu Lapangan adalah : “mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik, jabatan di pemerintahan, dan Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah pada saat mendaftar sebagai calon”.

Sedangkan syarat pada huruf l disebutkan : “bersedia tidak menduduki jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah selama masa keanggotaan apabila terpilih”.

Caption Pasal 85 huruf i dan huruf l UU Nomor 15 Tahun 2011 Tentang Penyelenggara Pemilu.@Tribun-Arafura.com.

Duater dilantik sebagai Pengawas Subbid Pemeliharaan dan Penghapusan Pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) oleh Bupati Boven Digoel Benediktus Tambonop di Tanah Merah pada 12 April 2017 berdasarkan Keputusan Bupati Boven Digoel Nomor : SK.821.4/433/BUP/2017 tanggal 11 April 2017.

Setelah menduduki jabatan tersebut dengan tunjangan struktural per bulan sebesar Rp. 540.000, Duater Mastur Purba mengikuti seleksi Panwaslu Kabupaten Boven Digoel bulan Agustus-September 2017.

Dia dan komisioner lainnya yang lulus seleksi dilantik pada 1 September 2017 dan terpilih sebagai Ketua Panwaslu Kabupaten Boven Digoel untuk Pilgub Papua 2018.

“Saat mengikuti seleksi sampai lulus dan dilantik kemudian menjadi Ketua Panwaslu Kabupaten Boven Digoel, Duater tetap memiliki dan menduduki jabatan di Pemerintahan Kabupaten Boven Digoel dan menikmati berbagai hak-hak yang melekat dengan jabatan,” ungkap sumber Tribun-Arafura.com dengan syarat Anonim.

Mengapa Duater yang menduduki jabatan di BPKAD Kabupaten Boven Digoel bisa lolos seleksi dan kemudian menduduki posisi sebagai Ketua Panwaslu Kabupaten Boven Digoel untuk Pilgub Papua 2018? Sumber Tribun-Arafura.com membeberkan rahasianya.

Duater Mastur Purba Ketua Panwaslu Kabupaten Boven Digoel yang sedang menduduki jabatan di Pemerintahan.@Tribun-Arafura.com.

“Ada intervensi secara berlebihan dari pejabat tertentu di Boven Digoel terhadap Tim Seleksi Panwas yang melakukan perekrutan dan seleksi sehingga Duater yang diduga kuat merupakan titipan sang pejabat bisa lolos seleksi,” tutur sumber Tribun-Arafura.com.

Sumber ini lebih jauh menjelaskan, sang pejabat menugaskan kurirnya yang setiap saat menelpon Timsel untuk meloloskan tiga orang pesanan pejabat, salah satunya Duater Purba.

“Timsel dapat telepon siang-malam sehingga meloloskan hanya dua orang dari tiga yang dipesan pejabat ini, salah satunya Duater Mastur Purba,” jelasnya.

Berbagai kalangan menilai, pejabat Kabupaten ini, yang berafiliasi dengan Partai Politik tertentu, telah menyuap Timsel dan memaksa mereka menabrak aturan demi meloloskan Duater Purba untuk mengatur kemenangan Cagub-Cawagub JWW-HMS pada Pilgub Papua.

Dari pantauan media ini, Duater Mastur Purba yang saat ini masih menjabat sebagai Pengawas Subbid Pemeliharaan dan Penghapusan Pada BPKAD Kabupaten Boven Digoel sedang mengikuti seleksi Panwaslu Kabupaten Boven Digoel untuk Pemilu 2019.

Saat ini Duater dan rekan-rekannya sedang berada di Batam mengikuti kegiatan Rakernis Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu. [TA]

Iklan
About Tribun Arafura (156 Articles)
Media Online

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Ini Nama 19 Calon Anggota Bawaslu Kabupaten Boven Digoel yang Lulus Seleksi Administrasi, Ada Nama Duater Purba – Tribun Arafura
  2. Diduga Titipan Oknum Pejabat, Ketua Panwaslu Kabupaten Boven Digoel Rangkap Jabatan Tanpa Hambatan – Tribun Arafura

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: