Ikuti Dialog Interaktif Dapil Khusus OAP di RRI Merauke Besok Pagi

Pertemuan antara Pemda Merauke, Pimpinan Parpol di Merauke, Pemuda Marind dan Tokoh-tokoh Masyarakat di Merauke membahas Dapil Khusus OAP.@Tribun-Arafura.

MERAUKE, Tribun-Arafura.com — Fransiskus Ciwe, Penggagas Wacana Dapil Khusus untuk Caleg OAP Marind Anim di Merauke pada Pileg 2019 mendatang mengatakan, pihaknya akan menggelar Dialog Interaktif di RRI Merauke Sabtu (14/07) besok pagi pada pukul 08.00 WIT.

Dialog Interaktif dimaksud akan menghadirkan dua narasumber yaitu Fransiskus Ciwe sebagai Ketua Pemuda Marind yang adalah penggagas Dapil Khusus OAP di Merauke dan Drs. John Gluba Gebze sebagai Tokoh Masyarakat Papua Selatan.

“Dialog interaktif bertujuan untuk memastikan pembentukan Dapil Khusus OAP yang mencakup Dapil 4 dan Dapil 5 menjadi kenyataan,” jelas Ciwe ketika dihubungi Tribun-Arafura.com.

Dapil yang diperjuangkan untuk menjadi Dapil Khusus OAP adalah Dapil 4 mencakup distrik-distrik Kimaam, Okaba, Tabonji, Ilwayab, Waan, Ngguti, Tubang, Kaptel, Anim Ha, dan Malind dengan kuota 6 kursi dan Dapil 5 yang mencakup dstrik-distrik Muting, Ulilin, Elikobel, Sota, Jagebob, dan Naukenjerai dengan kuota 4 kursi.

Ciwe menandaskan, perjuangan untuk membentuk Dapil Khusus adalah bentuk nyata perlindungan, pemihakan dan pemberdayaan hak-hak OAP dalam bidang politik di Kabupaten Merauke yang selama ini terabaikan.

Fakta buruk saat ini, dari 30 Kursi DPRD Kabupaten Merauke saat ini, OAP hanya menempati 2 kursi sebagai konsekwenai logis dari tidak adanya perlindungan, pemihakan dan pemberdayaan hak-hak OAP Merauke dalam bidang politik selama bertahun-tahun.

Organisasi Pemuda Marind, organisasi yang dipimpin Fransiskus Ciwe, telah berkomitmen untuk terus memperjuangkan Dapil 4 dan Dapil 5 menjadi Dapil Khusus OAP Marind di Pileg 2019.

Penolakan terhadap Caleg Non-OAP

Pada hari yang sama, Sabtu (14/07) besok, berbagai komponen masyarakat Adat Marind Anim  direncanakan akan menyatakan sikap menolak Caleg Non-OAP di Dapil 4 dan Dapil 5 yang merupakan kantong-kantong suara OAP. [TA]

Iklan
About Tribun Arafura (170 Articles)
Media Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: