Pemuda Marind Terus Perjuangkan Dapil 4 dan Dapil 5 Menjadi Dapil Khusus OAP di Pileg 2019

Pertemuan antara Pemda Merauke, Pimpinan Parpol di Merauke, Pemuda Marind dan Tokoh-tokoh Masyarakat di Merauke membahas Dapil Khusus OAP.@Tribun-Arafura.

MERAUKE, Tribun-Arafura.com — Kelompok Pemuda Suku Marind di Merauke terus memperjuangan Daerah Pemilihan (Dapil) Khusus bagi putra-putri Marind untuk memperebutkan kursi legislatif pada Pemilu 2019 mendatang. (Baca : Pemuda Marind Anim Wacanakan Pembentukan Dapil Khusus OAP di Merauke).

Dapil yang diperjuangkan untuk menjadi Dapil Khusus OAP dari suku Marind adalah Dapil 4 (Distrik-distrik Kimaam, Okaba, Tabonji, Ilwayab, Waan, Ngguti, Tubang, Kaptel, Anim Ha, dan Malind) dengan kuota 6 kursi dan Dapil 5 (Distrik-distrik Muting, Ulilin, Elikobel, Sota, Jagebob, dan Naukenjerai) dengan kuota 4 kursi.

Ketua Pemuda Marind Fransiskus Ciwe yang juga penggagas Dapil Khusus OAP di Merauke mengatakan, organisasi yang dipimpinnya berkomitmen untuk terus memperjuangan wacana Dapil Khusus menjadi kenyataan.

“Pemuda Marind berkomitmen untuk terus memperjuangkan agar Dapil 4 dan Dapil 5 tetap menjadi Dapil yang hanya diperuntukan bagi Caleg OAP dan benar-benar steril dari Caleg Non-OAP,” kata Ciwe.

Lebih lanjut Ciwe menandaskan, perjuangan Dapil Khusus OAP adalah sebuah keniscayaan dan merupakan bentuk keberpihakan nyata terhadap OAP secara khusus suku Marind di Merauke agar suku pribumi Papua Selatan di Merauke ini tidak terus terdominasi di DPRD Kabupaten Merauke.

Terkait wacana Dapil Khusus OAP di Merauke, pada 4 Mei 2018 lalu terjadi pertemuan antara Pemda Merauke, Pimpinan Partai Politik di Merauke, Pemuda Marind dan Tokoh-tokoh Masyarakat.

“Dalam pertemuan itu hanya Pimpinan Partai Golkar Julius Paonganan yang secara tegas menyatakan Partai Golkar akan mengkhususkan Dapil 4 dan Dapil 5 untuk Caleg Asli Papua, itu pun hanya pernyataan lisan,” jelas Ciwe.

Dari 30 Kursi DPRD Kabupaten Merauke saat ini, OAP hanya menempati 2 kursi sebagai konsekwensi logis dari tidak adanya keberpihakan nyata terhadap OAP selama bertahun-tahun.

Sampai berita ini ditayangkan, belum ada satu pun Partai Politik di Kabupaten Merauke yang secara tegas menyatakan sikap mendukung perjuangan Pemuda Marind dan mulai merekrut hanya Caleg OAP dari suku Marind di Dapil 4 dan Dapil 5. [TA]

Iklan
About Tribun Arafura (156 Articles)
Media Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: