Komandan Operasi TPNPB-OPM Kodap III Ndugama Benarkan Kampung Alguru Dibom TNI-Polri

Egianus Kogoya, Komandan Operasi TPNPB-OPM Kodap III Ndugama.@Ist.

WAMENA, Tribun-Arafura.com — Komandan Operasi TPNPB-OPM Kodap III Ndugama Egianus Kogoya membenarkan, Kampung Alguru di Kabupaten Nduga, Papua, telah dibom dari udara secara bertubi-tubi oleh satuan TNI-Polri dalam sebuah operasi militer besar-besaran yang digelar mulai Rabu (11/07) kemarin.

Keterangan resmi Egianus Kogoya disampaikan kepada Tribun-Arafura.com melalui Sebby Sambom, Juru Bicara TPNPB-OPM yang kini bermukim di Papua Nugini melalui sambungan telepon internasional, Kamis (12/07) petang.

“Seluruh penduduk kampung Alguru yang berjumlah 50 Kepala Keluarga telah mengungsi ke hutan tanpa menyelamatkan harta benda mereka,” jelas Sebby melanjutkan informasi yang diperolehnya dari lapangan.

Sebby menjelaskan, serangan bom TNI-Polri menghancurkan rumah, kebun dan harta benda masyarakat kampung Alguru dan pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah korban yang meninggal atau cedera akibat serangan ini.

“Akibat dari serangan ini, kebun dan rumah penduduk kampung Alguru jadi rata dengan tanah, sementara kami belum bisa pastikan apakah ada korban jiwa atau tidak dalam serangan bom ini, karena kampung Alguru sudah dikuasai oleh pihak TNI-POLRI,” jelas Sebby.

Melanjutkan keterangan Egianus, Sebby mengatakan pihaknya sudah mendapat laporan bahwa Pangdam Cenderawasih dan Kapolda Papua membantah telah melakukan operasi militer dan menjatuhkan bom yang membumi-hanguskan kampung Alguru.

“Maka saya harap pihak gereja, LSM dan Pemerintah Kabupaten Nduga besok juga segera turun ke Alguru untuk membuktikan semua puing-puing bom disini,” pinta Sebby.

Gerilyawan TPNPB-OPM Kodap III Ndugama, yang memperjuangkan kemerdekaan Papua, mulai baku tembak dengan TNI-Polri, yang mempertahankan Papua dalam Indonesia,  akhir Juni lalu di Kenyam, Ibu Kota Kabupaten Nduga.

Sekalipun aksi baku tembak yang dimulai Gerilyawan TPNPB-OPM mendapat simpati mayoritas rakyat Papua, beberapa Aktivis Papua yang mengusung paham ‘NKRI harga mati’ mengutuk TPNPB-OPM dan menuduh mereka sebagai biang radikalisme, ujaran kebencian, intoleran dan terorisme. [TA]

Iklan
About Tribun Arafura (155 Articles)
Media Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: