Waspada, Oknum Jahat Munculkan Akun Palsu Cagub Lukas Enembe di Facebook dan Whatsapp

Oknum jahat palsukan Akun Facebook dan Whatsapp Cagub Lukas Enembe.@Tribun-Arafura.com

JAYAPURA, Tribun-Arafura.com — Nama Cagub Papua Lukas Enembe menjadi sasaran eksploitasi oknum jahat dan tidak bertanggungjawab di jagat Media Sosial dengan akun Facebook bernama Lukas Enembe dan Nomor Whatsapp : 081369654383.

Oknum ini diduga menyasar para pendukung Cagub-Cawagub Lukas Enembe – Klemen Tinal (LUKMEN) menggunakan metode phising untuk mencuri password Facebook mereka.

Dari penelusuran Tribun-Arafura.com, Oknum ini telah mengelabui Facebooker, terutama pendukung LUKMEN dengan menyebarkan nomor Whatsapp di Wall Facebook disertai ajakan untuk bergabung.

Pada Minggu (25/03) malam, dia menulis status : “Selamat malam dan semoga sukses selalu…mari bergabung via whatsap pribadi saya dengan nomor WA 081369654383 #untuk mu papua”.

Sedangkan hari ini, Senin (26/03) pagi dia menulis status : “Mari bergabung via WA pribadi saya dengan nomor 081369654383 #papua keren”.

Tribun-Arafura.com yang menyamar sebagai salah satu pendukung LUKMEN beberapa menit lalu berhasil berkomunikasi dengan oknum jahil ini via jejaring Whatsapp.

Oknum ini mengaku sebagai Cagub Lukas Enembe dan meminta untuk menonton sebuah video penting dengan cara membuka sebuah link website.

“Salam adik. Kebetulan saya punya video penting. Mudah-mudahan bermanfaat. Untuk menonton video ini kunjungi kasus-terkini.16mb.com,” tulisnya di pesan WA.

Pesan selanjutnya berbunyi : “Silahkan di klik ya. Video menggunakan email facebook adik. Silahkan adik masukan email facebook beserta password adik. Semoga bermanfaat ya dik”.

Tribun-Arafura.com selanjutnya membuka link  kasus-terkini.16mb.com dan didapati sebuah tampilan yang mirip tampilan landing page Facebook pada menu Sign In.

Melalui pesan Whatsapp, Tribun-Arafura.com mengirim Screenshot tampilan link kasus-terkini.16mb.com kepada oknum tersebut dan memberitahu bahwa ini metode phising untuk membajak akun Facebook orang lain.

“Bukan begitu dik. Coba saja. Ini serius,” balas oknum tersebut.

Oknum jahil ini terlihat berusaha membuat akun Facebook terlihat asli dan meyakinkan calon korbannya dengan cara mengunggah beberapa foto Cagub Lukas Enembe.

Sayangnya, dia salah menulis tahun lahir Lukas Enembe. Lukas lahir 27 Juli 1967 tetapi oknum tersebut menulis 27 Juli 1957.

Everistus Kayep, Ketua Korwil Ha-Anim Relawan LUKMEN For Papua Jilid II menghimbau segenap pendukung LUKMEN di Wilayah Adat Ha-Anim maupun empat Wilayah Adat lainnya di Provinsi Papua agar selalu waspada ketika menggunakan Media Sosial.

“Selalu teliti untuk membuka link yang dikirim oleh sumber yang tidak jelas atau sumber yang menyamar, karena akan berbahaya buat kandidat yang kita usung yaitu LUKMEN,” himbaunya.

Kayep menambahkan, sebagian besar kasus pembajakan akun Facebook di Papua adalah menggunakan teknik phising dan korbannya dijebak dengan berbagai rayuan untuk mengklik link tertentu, misalnya yang memuat konten porno.

Berikut foto-foto link jebakan tersebut dan akun Facebook Lukas Enembe yang dipalsukan oknum tidak bertanggungjawab :

 

 

Iklan
About Tribun Arafura (155 Articles)
Media Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: