Peringati Hari HAM Sedunia di Merauke, Massa Akan Kepung DPRD Merauke

Aliansi Mahasiswa Papua Selatan Peduli HAM menggelar Demo Damai di Merauke.@Tribun-Arafura.com

MERAUKE, Tribun-Arafura.com — Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia yang jatuh pada 10 Desember 2017 di Merauke dilaksanakan dalam bentuk Demonstrasi Damai kepung DPRD Kabupaten Merauke pada pagi ini, Senin (11/12).

Aksi ini dipelopori oleh GempaR Merauke, Himpunan Mahasiswa Malind Universitas Musamus, Ikatan Pelajar Mahasiswa Bamol dan beberapa organ gerakana lainnya. Kelompok ini membentuk Aliansi yang dinamakan Aliansi Mahasiswa Papua Selatan Peduli HAM.

“Dalam rangka memperingati Hari HAM Internasional yang jatuh tepat hari Minggu 10 Desember, Aliansi Mahasiswa Papua Selatan Peduli HAM mengundang saudara/i, kawan-kawan mahasiswa, dan masyarakat, untuk mengambil bagian dalam momentum peringatan HAM pada Senin 11 Desember 2017 sebagai upaya kampanye kemanusian, dan menuntut penegakan HAM terhadap berbagai kasus HAM di Papua Selatan,” tulis Aliansi ini dalam selebaran mereka yang sudah tersebar merata di seluruh kota Merauke.

Pihak Aliansi akan menuntut penyelesaian beberapa kasus pelanggaran HAM di Merauke yang baru saja terjadi yaitu kasus pembunuhan terhadap pemuda Kampung Woner bernama Ishak Kua dan dugaan pelecehan seksual terhadap saudari perempuannya yang jelas-jelas dilakukan oleh TNI.

Aliansi juga menuntut agar proses hukum terhadap pembunuh Ishak Kua dan terduga pelaku pelecehan seksual harus transparan serta menolak kebiasaan memberikan uang denda kepada keluarga korban oleh TNI. (Baca : Surat Pernyataan’ Versi TNI Menutup Proses Hukum Terhadap Pembunuh Pemuda Kampung Woner).

Aliansi juga akan menyoroti perampasan tanah adat di Papua Selatan untuk Mega Proyek MIFEE (Merauke Integrated Food and Energy Estate) seluas 1,2 Juta Hektar secara paksa dan manipulatif mengatasnamakan kesejahteraan dengan menipu suku-suku Pribum Papua Selatan. (Baca : Tiga Tipe Tuan Tanah : Dimana Posisi Anda?)

Aksi Demonstrasi Damai ini mengambil titik kumpul awal massa di Taman LIBRA, Tugu Pepera, Kampus Unmus dan Kios Biru pada pukul 08.00 WTP kemudian massa akan menuju DPRD Merauke di Jl Brawijaya.

Aksi ini dipimpin oleh Aktivis Papua Frans Wanima, Andreas Kahol, Urbanus Yolmen dan Alex Waffa. []

Iklan
About Tribun Arafura (155 Articles)
Media Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: