Pemuda Marind Anim Wacanakan Pembentukan Dapil Khusus OAP di Merauke

Foto Kantor DPRD Kabupaten Merauke. Dari total 30 Anggota DPRD Kabupaten saat ini hanya 2 Anggota yang merupakan OAP.@Ist

MERAUKE, Tribun-Arafura.com — Pemuda Marind Anim di Kabupaten Merauke telah mewacanakan pembentukan Daerah Pemilihan (Dapil) Khusus untuk Orang Asli Papua (OAP) di Kabupaten Merauke yang akan berkompetisi pada Pemilihan Legislatif 2019 mendatang.

Pembentukan Dapil Khusus OAP di Kabupaten Merauke diharapkan dapat mengakomodir keterwakilan OAP khususnya pribumi Marind Anim di lembaga legislatif Kabupaten paling timur di Nusantara ini.

Keterwakilan OAP khususnya suku Marind Anim di Legislatif merupakan bentuk Papuanisasi di sektor Politik dan diharapkan dapat mengakomodir kepentingan mereka yang selama ini terabaikan secara sistematis.

Fransiskus Ciwe, Ketua Pemuda Marind Anim yang juga penggagas Dapil Khusus OAP di Merauke kepada Tribun-Arafura.com mengatakan, pihaknya akan menggelar Dialog Interaktif di LPP RRI Merauke pada Rabu (22/11) besok pukul 07.00 – 08.00 WIT.

“Dialog interaktif bertujuan untuk mensosialisasikan wacana pembentukan Dapil Khusus OAP yang akan berkompetisi pada Pileg 2019 yang akan datang sekaligus meminta masukan dan tanggapan masyarakat Merauke,” jelas Ciwe.

Dialog Interaktif yang direncanakan akan menampilkan 4 narasumber yaitu Fransiskus Ciwe (Ketua Pemuda Marind Anim), Drs. John Gluba Gebze (Tokoh Papua Selatan), Dinas Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Merauke dan LMA Kabupaten Merauke.

Untuk diketahui, Papuanisasi Politik OAP di Merauke sangat minim dan terkesan terabaikan, terbukti dari rekruitmen politik yang terkesan mengabaikan OAP Marind Anim.

Fakta buruknya, dari total 30 Anggota DPRD Kabupaten Merauke saat ini hanya 2 Legislator yang merupakan OAP Marind Anim yaitu Moses Kaibu dan Tarsisius Awi.

Wacana pembentukan Dapil Khusus OAP yang digagas Pemuda Marind Anim pernah didiskusikan bersama KPUD Kabupaten Merauke pada akhir Oktober lalu. []

Iklan
About Tribun Arafura (156 Articles)
Media Online

1 Trackback / Pingback

  1. Pemuda Marind Terus Perjuangkan Dapil 4 dan Dapil 5 Menjadi Dapil Khusus OAP di Pileg 2019 – Tribun Arafura

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: