51 Anggota MRP Dilantik, Ada 6 Wakil Ha-Anim

Mendagri Cahyo Kumolo melantik 51 Anggota MRP Provinsi Papua. 6 diantaranya mewakili Wilayah Ha-Anim atau Papua Selatan.@Pasificpos

JAYAPURA, Tribun-Arafura.com — Menteri Dalam Negeri Cahyo Kumolo melantik 51 Orang Anggota MRP (Majelis Rakyat Papua) Provinsi Papua Masa Bakti 2017-2022 di Sasana Krida Kantor Gubernur Papua pada Senin (20/11) kemarin dalam sebuah rapat pleno istimewa.

Ke-51 Anggota MRP yang baru dilantik itu terdiri dari unsur Agama, unsur Adat dan unsur Perempuan dengan komposisi masing-masing unsur berjumlah 17 Orang.

“Harapan saya Lembaga MRP Provinsi Papua merupakan representasi kultural sehingga jangan berperan sebagai lembaga politik, fokus pada kegiatan yang bersentuhan pada kepentingan adat, agama dan perempuan serta mampu memberikan solusi berdasarkan kewenangannya,” kata Mendagri.

Mendagri juga meminta Anggota MRP yang baru dilantik untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait perhelatan Pilkada di Provinsi Papua tahun 2018 serta Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019.

“Saya imbau kepada anggota MRP yang baru dilantik, untuk mensosialisasikan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat Papua, dalam rangka tugas dan kewajiban mereka untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan Pilgub, Pileg dan Pilpres,” katanya.

Sementara Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe mewakili Pemerintah Provinsi Papua mengucapkan selanat kepada para Anggota MRP yang baru dilantik. Enembe berharap para Anggota yang baru dilantik selalu mendukung Pemerintah Provinsi Papua dalam membangun ekonomi dan kesejahteraan maayarakat Papua.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Papua kami mengucapkan selamat kepada Anggota MRP Provinsi Papua masa jabatan 2017-2022 yang baru saja dilantik. Saya berharap MRP provinsi Papua selalu mendukung program-program pemerintah provinsi Papua dalam membangun ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Papua,” ujar Gubernur Enembe.

Enembe berharap MRP yang baru dilantik segera melakukan konsolidasi internal karena masih banyak program yang harus dikerjakan.

“Segera lakukan konsolidasi dalam internal MRP Provinsi Papua karena agenda kedepan masih banyak program kerja yang harus dikerjakan, salah satunya Pilgub Papua 2018,” ujar Enembe.

MRP Provinsi Papua yang awalnya beranggotakan 43 orang atau 3/4 dari jumlah Anggota DPRP kini menjadi 51 orang atau ada selisih 4 orang dari total jumlah Anggota DPRP sebanyak 55 orang.

Tugas dan wewenang MRP sebagaimana diamanatkan dalam UU Otsus diantaranya, pertama, memberikan pertimbangan rancangan peraturan daerah khusus yang diajukan DPRP bersama Gubernur; kedua, memberikan saran, pertimbangan dan persetujuan terhadap rencana perjanjian kerjasama yang dibuat oleh pemerintah dengan pihak ketiga.

Ketiga, memperhatikan dan menyalurkan aspiraisi pengaduan masyarakat adat, umat beragama, kaum perempuan dan masyarakat pada umumnya yang menyangkut hak asli orang papua serta menfasilitasi tindak lanjut penyelesaiannya; keempat, memberikan pertimbangan kepada DPRP, Gubernur, DPRD dan Bupati Walikota terkait perlindungan dan hak Orang Asli Papua.

Diantara 51 Anggota MRP yang baru dilantik itu 6 Orang diantaranya berasal dari Wilayah Ha-Anim atau Papua Selatan yang meliputi Kabupaten Merauke, Mappi, Asmat dan Boven Digoel.

Mereka yang menjadi wakil Ha Anim adalah Drs. Yohanes Wob, Ph.B, M.Si dan Amandus Anakat, SH dari unsur Agama, Albertus Moyuend, S.Sos dan Amatus Ndatipits, BA dari unsur Adat dan unsur Perempuan diwakili oleh
Natalia Kalo dan Felisitas Kabagaimu, S.IP.

Berikut nama-nama 51 Anggota MRP Provinsi Papua Masa Bakti 2017 – 2022 :

Wakil Agama :

1) Dr. H Toni V.M Wanggai, S.Ag, MA
2) Helena Huby, S.Pd
3) Drs. Yohanes Wob, Ph.B, M.Si
4) Fransiskus Tekege, S.Pd
5) Amandus Anakat, SH
6) Nikolaus Degei, S.Th
7) Jimmy Mabel, S.Th MM
8) Petrus Mabel, S.Pd, M.Si
9) Steady Nef Penggu, S.Th
10) Yoel Luiz Mulait, SH
11) Markus Kajoi, S.Sos
12) Robert D. Wanggai, S.Sos
13) Dorice Mehue, SE
14) Adolof Kogoya, SE
15) Pdt. Edi Togotly, S.Th
16)  Benny Suweni, S.Sos
17) Pdt. Semuel K. Wartono, SH, MA

Wakil Adat :

18) Herman Yoku, S.IP
19) Dimas Tokoro, SH
20) Yakonias Wabrar
21) Melesak Rumbarar
22) Panjang Werimon
23) Edison Tannati, AMK
24) Albertus Moyuend, S.Sos
25) Amatus Ndatipits, BA
26) Aman Jigwa
27 Luis Madai
28) Timotius Murib
29) Yehuda Dani
30) Pendius Yigwa
31) Engelbertus Kasibmabin
32) Yos Nawipa
33) Yuliten Anouw
34) Minggus Madai, SH

Wakil Perempuan :

35) Orpa Nari, S.I. Kom
36) Nelice Wamuar, SE
37) Maria Rofek
38) Yuliana E. Wambrauw
39) Lenora Wonatorei, S.Pd
40) Natalia Kalo
41) Felisitas Kabagaimu, S.IP
42) Yeki Narep, SI.An
43) Marpice Kogoya, SE
44) Rosinda Tabuni, SE
45) Pipina Wonda, S.Pt
46) Diana Matuan
47) Nehemia Yebikon
48) Sarah Ita Wahla
49) Viska Abugau, A.Ma, Pd
50) Debora Mote
51) Petronela E. TH. Bunapa, SE

Iklan
About Tribun Arafura (155 Articles)
Media Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: