Satu Anggota Brimob Tewas Ditembak Gerilyawan TPN-PB Saat Bertugas Mengamankan PT Freeport

Jenazah Brigpol Firman saat dievakuasi dari Mile Point 69 Tembagapura.@Facebook.com

Tribun-Arafura.com, TIMIKA — Gerilyawan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPN-PB) kembali menembak mati satu Anggota Brimob Detasemen B Polda Papua yang bertugas mengamankan PT Freeport pada Rabu (15/11) dini hari sekitar pukul 03.50 WIT di Mile Point 69 Distrik Tembagapura, Mimika, Papua.

Berdasarkan informasi yang diperoleh media ini, Brigadir Polisi Firman dan rekan-rekannya melakukan pengejaran terhadap Gerilyawan TPN-OPM yang pada Selasa (14/11) kemarin menembak kendaraan PT Freeport dan melukai karyawan PJP bernama Raden Totok Sadewo.

Dalam pengejaran menyisir rute-rute yang diduga digunakan oleh Gerilyawan TPN-PB itulah Brigpol Firman ditembak di bagian punggung dan tewas. Sedangkan rekannya bernama Aipda Yongki Rumte juga ditembak di bagian punggung dan saat ini sedang menjalani perawatan di RS Tembagapura dalam kondisi kritis.

Baku tembak antara Gerilyawan TPN- OPM yang berusaha menghancurkan fasilitas PT Freeport dan TNI-Polri yang melindungi PT Freeport sudah berlangsung selama tiga pekan.

Pada hari Minggu (22/11) lalu, Gerilyawan TPN-PB menembak mati seorang Anggota Brimob Detasemen B Polda Papua bernama Briptu Berry Pramana Putra dan melukai beberapa rekannya di sekitar Jembatan Utikini.

Gerilyawan TPN-PB diketahui melakukan operasi penghancuran terhadap PT Freeport berdasarkan Perintah Operasi (PO) yang dikeluarkan oleh Panglima TPN-OPM Kodam III Timika Jenderal Jack Millian Kemong.

Sebelum melancarkan operasi, TPN-OPM telah mengeluarkan ultimatum kepada seluruh karyawan PT Freeport dan pihak Sekurity untuk tidak melibatkan diri bersama TNI-POLRI dan segera meninggalkan wilayah pertempuran.

“Kepada seluruh karyawan Freeport dan Sekurity Freeport, dilarang keras melibatkan diri bersama TNI-POLRI. Karyawan maupun Sekurity Freeport segera kosongkan diri dari areal pertempuran mulai dari Grasberg sampai Portsait. Musuh kami adalah TNI-POLRI dan Fasilitas Freeport,” demikian bunyi salah satu poin dalam tuntutan pihak TPN-OPM.

Sampai berita ini ditulis, belum ada pernyataan resmi dari pihak TPN-OPM sebagai pihak yang diduga bertanggungjawab atas tewasnya Brigpol Firman.[]

Iklan
About Tribun Arafura (156 Articles)
Media Online

3 Comments on Satu Anggota Brimob Tewas Ditembak Gerilyawan TPN-PB Saat Bertugas Mengamankan PT Freeport

  1. r42kondo // 19/11/2017 pukul 16:51 // Balas

    Mantap, Anggota yang menderita di medan tempur sudah sadar — https://r42kondo.wordpress.com/2017/11/18/mendiang-brigpol-firman-tidak-
    pantas-dinaikkan-pangkatnya-karena-tewas-ditembak-tni/

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: