Kepala Staf Makodam III : Pemerkosaan Sengaja Dilakukan Untuk Merusak Nama Baik TPN-OPM

Gerilyawan TPN-OPM Kodap III Timika.@Facebook.com

Tribun-Arafura.com, TIMIKA — Kepala Staf TPN-OPM Makodam III Timika Hendrik Wanmang membantah berbagai pemberitaan media yang menuding TPN-OPM sebagai pelaku pemerkosaan terhadap seorang Ibu Rumah Tangga di kampung Banti, Distrik Tembagapura pada Senin (30/10) lalu.

“Saya sudah cek semua komando pertahanan yang ada di medan tempur dan tidak didapati kesalahan pemerkosaan yang dilakukan oleh pasukan saya,” kata Hendrik Wanmang kepada Tribun-Arafura.com, Sabtu (11/11) kemarin.

Wanmang menegaskan, tuduhan pemerkosaan dan stigma negatif yang dialamatkan kepada TPN-OPM adalah bentuk pembohongan publik untuk menghancurkan nama baik TPN-OPM.

Dia mengatakan, justru pemerkosaan dilakukan oleh mata-mata TNI-Polri, BIN dan BAIS yang sengaja dipasang di tengah-tengah masyarakat pribumi dengan maksud merusak nama baik TPN-OPM.

“Mereka sengaja melakukan tindakan pemerkosaan itu untuk merusak nama baik TPN-OPM, jadi saya menolak (semua) penuduhan dan pemberian stigma yang tidak benar kepada TPN-OPM. Saya menyatakan ini kepada pemerintah Indonesia, kepada dunia dan kepada seluruh awak media, baik itu media perjuangan maupun media Indonesia,” tegasnya.

Ditambahkan Wanmang, pihaknya mengetahui pemberitaan kasus pemerkosaan ini melalui media online Okezone.com dan Detik.com yang memberi stigma negatif kepada TPN-OPM tanpa mengecek kebenarannya di lapangan.

“Saya minta tolong, media Indonesia tulis itu sesuai kenyataan, kecuali mungkin turun lapangan dan lihat sendiri baru kau bisa menulis bahwa (pemerkosaan) itu dilakukan oleh TPN-OPM,” imbuhnya.

Berdasarkan data yang dihimpun Redaksi Tribun-Arafura.com, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal kepada Okezone.com menjelaskan, pemerkosaan seorang Ibu Rumah Tangga asal Toraja bernama E alias Mama L dilakukan secara bergantian dibawah ancaman para pelaku.

“Dibawa menuju ke tempat gelap, di daerah Kampung Longsoran Banti. Dengan dibawa ancaman, para pelaku melakukan perbuatan keji tersebut secara bergantian,” katanya seperti dikutip Okezone.com di Timika, Selasa (31/10).

Penyerangan terhadap TNI-Polri dan Fasilitas PT Freeport di Tembagapura saat ini dilakukan oleh TPN-OPM Makodam III Timika berdasarkan Perintah Operasi (PO) yang dikeluarkan oleh Jenderal Jack Milian Kemong.

Salah satu tujuan TPN-OPM adalah menghancurkan PT Freeport yang dinilai sebagai simbol dominasi kapitalis asing di Tanah Papua. []

Iklan
About Tribun Arafura (170 Articles)
Media Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: