Ini Alasan Masyarakat Adat Independen di Timika Demo Usir PT Freeport

Masyarakat Adat Independen di Timika demo usir PT Freeport, Senin (20/03/2017).@Facebook.com.

Timika, Tribun-Arafura.com — Ribuan Massa Anti PT Freeport yang menyebut dirinya Masyarakat Adat Independen (MAI) melakukan demonstrasi damai di Timika pagi hingga siang tadi, Senin (20/03).

Aksi yang dipusatkan di Bundaran Lapangan Timika Indah di Jl. Budi Utomo itu menuntut PT Freeport segera ditutup karena kehadiran Raksasa Tambang asal Amerika ini dinilai merugikan banyak pihak, terutama pemilik ulayat dan korban permanen limbah kimia yaitu suku Amungme dan Kamoro.

Alasan MAI menuntut PT Freeport harus ditutup adalah, Pertama, sejak masuknya PT Freeport di Timika yang mendapat legalitas dari UUPA Tahun 1967 di Indonesia tidak pernah melibatkan dan menghargai hak-hak Masyarakat Adat dua suku besar Amungme dan Kamoro.

Kedua, Dana CSR yang disebut Dana 1 persen baru diberikan setelah ada pemberontakan pada tahun 1996 ketika kesadaran Masyarakat Adat Amungme dan Kamoro muncul.

Ketiga, Dana CSR sebesar 1 persen diberikan untuk menutupi pelanggaran dan kejahatan yang dilakukan PT Freeport selama kurun waktu 1967-1996 seperti kerusakan lingkungan akibat limbah, pelanggaran HAM, konflik sosial dan rusaknya tatanan hidup masyarakat yang sampai saat ini masih dirasakan.

Keempat, Dana CSR 1 persen yang diberikan tidak membuahkan kesejahteraan tetapi justru menimbulkan konflik di kalangan masyarakat akar rumput karena para elit memanfaatkan dana tersebut untuk memenuhi kepentingannya sendiri.

Karena empat alasan ini, Masyarakat Adat Independen yang dimotori suku Amungme dan Kamoro menuntut PT Freeport harus ditutup. (Baca : Usir Freeport di Timika, Ini 4 Poin Tuntutan Pendemo). (TA)

Iklan
About Tribun Arafura (166 Articles)
Media Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: