Demo Rasis, Bara NKRI dan Polisi Keroyok Aktivis Perempuan Papua

Hendrika Kowenip, Aktivis Perempuan Papua yang dianiaya oleh BARA NKRI dan Polisi di Abepura. (Foto : Tribun-Arafura.com)

Tribun-Arafura.com, Jayapura —Demontrasi Damai Barisan Rakyat Pembela NKRI atau BARA NKRI pada Kamis (02/06) kemarin yang bertujuan meminta Pemerintah membubarkan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) ternyata bernuansa rasis dan anarkis.

Sedikitnya empat orang dilaporkan dianiaya oleh kelompok Bara NKRI, salah satunya adalah Hendrika Kowenip, Aktivis Perempuan Papua yang juga Wakil Koordinator Bidang Pemerintahan Daerah dan Penguatan Otsus (PDPO) DPD Partai Demokrat Provinsi Papua.

Perempuan Papua yang akrab disapa Ika ini dikeroyok oleh sekelompok Aktivis Bara NKRI di ruas jalan Abepura-Sentani tepatnya di depan Lapangan Trikora Abepura saat melintas menggunakan Ojek.

Beberapa Anggota Polisi yang bertugas juga ikut menganiaya putri Aloysius Kowenip, mantan Kapolres Kabupaten Keerom ini. Polisi dan TNI diduga membeking Aksi Kelompok Bara NKRI.

“Saya dikeroyok tidak hanya oleh Bara NKRI tapi juga oleh Polisi Non Papua yang mengawal mereka sambil mengejek saya dengan kata-kata bernuansa rasis,” kata Ika ketika dihubungi Tribun-Arafura.com.

Ika dipukul dengan tangan, bambu mentah dan helm oleh warga pendatang yang tergabung dalam Bara NKRI. Tiga Anggota Polisi yang ikut mengeroyok Ika diketahui bertugas di Polsek Abepura.

Akibat dianiaya Bara NKRI dan Polisi, Ika mengalami luka dan memar di bagian kepala dan punggung. Hasil visum di RSUD Dok II menunjukkan pengeroyok menggunakan benda keras.

Ika dan keluarganya sudah melaporkan kasus ini ke Komnas HAM Papua dan Polda Papua. Mereka mengharapkan Polda Papua segera memanggil Penanggungjawab Bara NKRI untuk mempertanggungjawabkan kejahatan rasis ini.

Dari notulen rapat-rapat BARA NKRI yang beredar di jejaring Whatsapp, diketahui bahwa kelompok ini dibentuk oleh beberapa tokoh Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) di Jayapura yang mendapat dukungan dari Walikota Jayapura Benhur Tommy Mano. [TA].

Iklan
About Tribun Arafura (166 Articles)
Media Online

1 Trackback / Pingback

  1. Partai Demokrat Minta Penyeroyok Kadernya Ditangkap – Tribun Arafura

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: