LMA Boven Digoel : KPU Boven Digoel Tidak Boleh Lakukan Pleno Apapun Sejak 25 November 2015

Antonius Uweng Kandam, Sekretaris LMA Papua Kabupaten Boven Digoel. (Foto : Dok. Tribunarafura.com).

Tribunarafura.com, Tanah Merah — Sekretaris Lembaga Masyarakat Adat Papua Kabupaten Boven Digoel, Antonius Uweng Kandam kepada Tribunarafura.com Rabu (17/02) kemarin mengatakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boven Digoel seharusnya tidak boleh melakukan pleno apa pun sejak 25 November 2015.

Hal ini disebabkan oleh Pemberhentian Sementara terhadap 3 Komisioner KPU setempat yang melakukan pelanggaran kode etik, yaitu Manfred S. Naa, Pomi Bukkang dan Zeivenson Lomban, sehingga tidak akan memenuhi quorum dalam pengambilan keputusan.

Menurut Uweng, tugas dan wewenang KPU Kabupaten Boven Digoel telah diambilalih oleh KPU Provinsi Papua sesuai Keputusan KPU Papua Nomor : 64/KPTS/KPU.PROV.030/2015.

Berdasarkan Keputusan ini, Tugas, Wewenang dan Kewajiban KPU Boven Digoel diambilalih oleh KPU Provinsi Papua sampai dengan terbentuknya Anggota KPU Boven Digoel, sementara tugas teknis dan rutin dilaksanakan oleh 2 Anggota KPU yang tersisa dan Sekretariat KPU Kabupaten Boven Digoel.

“Berdasarkan Keputusan KPU Papua Nomor : 64/KPTS/KPU.PROV.030/2015 tanggal 25 November 2015, tugas dan kewenangan KPU Boven Digoel sudah diambil-alih oleh KPU Provinsi Papua, sehingga sebagai konsekwensinya, KPU Boven Digoel tidak boleh melakukan pleno apa pun karena memang tidak memenuhi quorum,” kata Uweng.

Uweng mengatakan, pernah ada pleno rekapitulasi suara para kandidat tanggal 27 Desember 2015 dan tiga Komisioner KPU nonaktif ikut membubuhkan tanda tangan, sementara saksi ketiga kandidat tidak tanda tangan berita acara, sesuatu yang menurut LMA Boven Digoel bertentangan dengan logika hukum. (BacaPilkada Boven Digoel : Pasangan BENAR Unggul, Saksi Pasangan Rugi Tidak Teken Berita Acara).

“Yang berikut,” kata Uweng, “telah dilaksanakan pleno Penetapan Pemenang Pilkada oleh KPU Boven Digoel tanggal 28 Januari 2016. Ini pun sama saja, disana kelihatan ada 3 Komisioner yang sudah diberhentikan tapi ikut membubuhkan tanda tangan”.

Anton Uweng atas nama LMA Boven Digoel mendesak KPU Provinsi Papua untuk kembali melakukan pleno rekapitulasi suara dan selanjutnya menetapkan pemenang Pilkada Boven Digoel.

Menurut Uweng, pihak LMA Boven Digoel sudah menyurati Gubernur Papua, Mendagri, Menkopolhukam dan Presiden.

Pilkada Boven Digoel 9 Desember 2015 diikuti 4 Pasangan Calon Bupati – Wakil Bupati.

Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati  Nomor Urut 2 Benediktus Tambonop, S.STP – H. Chaerul Anwar, ST atau dikenal dengan Pasangan BENAR unggul dengan perolehan suara sebanyak 13.927.

Sedangkan perolehan suara Pasangan Calon lainnya masing-masing Nomor Urut 1 Helena Tabyarop-Frets Sarumpia (3.810 suara), Nomor Urut 2 Yesaya Merasi, S.IP – Drs. Paulinus Wanggimop (9.511 suara), dan Nomor Urut 5 Edward C. Haurissa, SH – Pdt. Paulus Etras, STh, S.IP (3.023 suara).

Gugatan Pasangan Yesaya Merasi – Paulinus Wanggimop ke Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia dicabut karena menurut informasi yang diperoleh Tribunarafura.com, terjadi kompromi antara Yesaya Merasi dan Benediktus Tambonop karena keduanya memiliki kasus dugaan korupsi yang pernah bergulir di Kejaksaan Tinggi Papua.

Terkait informasi kompromi politik ini, Tribunarafura.com belum mengonfirmasi Yesaya Merasi maupun Benediktus Tambonop.

Pasangan Benediktus Tambonop – Chaerul Anwar menurut rencana akan dilantik bulan Juni 2016 mendatang bersama Abok Busup-Yulianus Heluka (Kabupaten Yahukimo), Jules F. Warikar-Onesius Rumere (Kabupaten Supiori) dan Er Dabi-Lakius Peyon (Kabupaten Yalimo).

Terkait pleno yang bisa ditandatangani oleh tiga Komisioner Nonaktif, Tribunarafura.com belum mengonfirmasi Ketua KPU Boven Digoel John Okyap maupun Ketua KPU Provinsi Papua Adam Arisoy. [TA].

Iklan
About Tribun Arafura (145 Articles)
Media Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: