Mulai Maret 2016, Menko Luhut Akan Libas Koruptor Papua

Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan akan libas koruptor di Papua mulai Maret 2016. (Foto : Bijaks.net)

Tribun-Arafura.com, Jakarta — Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Republik Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, mulai Maret 2016, pihaknya akan menindak tegas para Kepala Daerah di Papua yang melakukan korupsi dana Otsus yang menyebabkan implementasi Otsus di kedua Provinsi Hitam ini tidak berjalan maksimal.

“Maret kita panggil BPKP untuk audit. Jangan ada yang macam-macam. Kau berhadapan dengan saya,” kata Luhut saat menghadiri rapat khusus di DPD membahas implementasi otonomi khusus Papua, di Kompleks Parlemen, Rabu (9/2).

Luhut mengaku Presiden Joko Widodo telah memerintahkan dirinya agar mengawal dana Otsus yang dikucurkan Pemerintah Pusat.

Menurut Luhut, Pemerintah Pusat selama 2005 hingga 2015, telah menggelontorkan dana hingga Rp 52 triliun kepada Provinsi Papua dan Papua Barat untuk bidang pendidikan, ekonomi kerakyatan, kesehatan dan infrastruktur.

Salah satu sektor yang dikritisi Luhut adalah sektor Pendidikan di Papua dan Papua Barat yang kualitasnya dikatakan tidak bagus.

Gap pendidikan saja misalnya sangat jauh. Makanya, dengan uang segitu harusnya bisa dibuat sekolah yang bagus. Biar pendidikan di sana juga terjamin,” kata Luhut.

Rapat yang digelar di Dewan Perwakilan Daerah itu dihadiri Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Letjen (Purn) Sutiyoso, Gubernur Papua Lukas Enembe dan Gubernur Papua Barat Abraham Octavianus Atururi.

Luhut mengaku, pihaknya juga sudah berbicara dengan Gubernur Papua dan Papua Barat mengenai dana otsus.

“Kami akan menindak tegas semua pejabat daerah di Papua dan Papua Barat jika masih main-main menyelewengkan dana otsus,” tegas Luhut.

Sejumlah kalangan di Papua menilai, ketegasan Menko Luhut akan bertabrakan dengan isu Papua Merdeka, karena pejabat korup di Papua memiliki kemampuan khusus untuk bersembunyi dibalik isu ini. [TA].

Iklan
About Tribun Arafura (145 Articles)
Media Online

4 Comments on Mulai Maret 2016, Menko Luhut Akan Libas Koruptor Papua

  1. roni mambrasar // 24/02/2016 pukul 08:39 // Balas

    jangan omong doang ya pak?? kami tunggu tindakan nyata dari bapak,, dana otsus itu bagaikan membuang garam di laut pak (HABIS ENTAH KE MANA) sebaiknya Dana OTSUS itu bapak ganti dengan melakukan hal-hal sebagai berikut :
    1. Perbaiki kualitas Gizi bayi, anak dan putra putry Papua, caranya gimana?? bagikan susu dan semua jenis makanan yg bergizi kepada keluarga kurang mampu setiap bulan secara gratis
    2. Buat sekolah yg baik dan siapkan tenaga pengajar yg handal (mereka di bayar mahal dan diberikan target mencerdaskan anak anak Papua)
    3. Setelah kualitas SD, SMP, SMU ini sudah baik? lakukan seleksi anak-anak anak Papua kemudian disekolahkan ke Universitas yg berkualitas, kalo perlu di Luar Negeri
    4. Bina Nelayan & Petani orang Papua dengan mendatangkan tenaga yg profesional, kemudian carikan pasar untuk menjual hasil tangkapan dan hasil hasil pertanian mereka, misalnya ;
    – mengharuskan PT. Freeport , LNG Tangguh untuk mengambil kebutuhan dapur dari hasil perikanan & pertanian dari Petani & Nelayan Papua yg sudah dibina itu. selama inikan bawang, sayuran, dan lain lain di ambil dari Luar Papua,,, (emangnya di Papua tandus??? kita buang batang singkong saja tumbuh subur pak!!)
    5. Subsidi biaya transportasi buat pengiriman barang ke Papua, supaya harga barang di sana tidak terlalu mahal…
    sy pikir 5 point sederhana ini jika dilakukan dengan sungguh sungguh,, Papua akan berkembang dengan pesat,,,

    Suka

    • elius wantik // 29/02/2016 pukul 17:21 // Balas

      tidAk perlu bicara basa basi di jakarta tapi bila perlu bertindak dan kpk juga duduk di papua baru buktikan karena pejabat papua tu penyimpanan dana lebih banyak makasih kalo ada org yg peduli untuk negeri papua ….

      Suka

  2. Buktikan dong Pak, Penyalagunaan Dana Otsus di Papua memang sudah sangat menyengsarakan Rakyat Papua.yg Perlu di basmi ialah PATIPA ( Papua tipu Papua)

    Suka

  3. Trima kasih pak menkopolhukam atas komitmen bpk utk memberantas koruptor di tanah papua. Jauh sebelum komitmen ini kami sdh menyarankan ke pemerintah pusat/Presiden agar tolong dan tolong seriusi masalah korupsi yg banyak melibatkan pejabat daerah sebab jika tdk maka oknum oknum ini akan selalu “bermain” menggunakan dana otsus utk kepentingan mereka dan bukan utk masyrkt papua akibatnya dana otsus yg begitu besar tp tdk di rasakan oleh masyarakat kecil. menyebabkan muncullah isue issue politis bhw pusat tdk atau kurang memberi perhatian ke papua. padahal pusat selalu memberi perhatian dgn kucuran dana yg begitu besar tp dimanfaatkan oleh oknum pejabat daerah.
    Harapan kami, pak menkopolhukam jangan hanya komitmen saja tapi tolong dibuktikan agar pembangunan di papua dpt berjalan baik sebagaimana yg kita harapkan. kami siap membantu jika dibutuhkan.

    Suka

1 Trackback / Pingback

  1. Korupsi, Kejari Merauke Tahan RAH Kalalo – Tribun Arafura

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: