Pilkada Merauke : Selisih Perolehan Suara Diatas 2 Persen, Pintu MK Tertutup Bagi Penggugat

Hasil Quick Count Media Center Freddy-Sularso, selisih perolehan suara kedua kandidat mencapai 20%. (Foto : Facebook.com/Lucky Adrian)

Tribun-Arafura.com, Merauke — Pintu Mahkamah Konstitusi (MK) dipastikan tertutup bagi penggugat Pilkada Kabupaten Merauke 2015 karena selisih perolehan suara Pasangan Frederikus Gebze, SE, M.Si – Sularso, SE dan Pasangan Drs. Romanus Mbaraka, MT – Sugiyanto, SH, MM tercatat diatas 2%.

Hal ini sejalan dengan Pasal 158 Ayat (2) Huruf a Undang-Undang Republik Indonesia  Nomor 8 Tahun 2015 yang menyebutkan, “Kabupaten/Kota dengan jumlah penduduk sampai dengan 250.000 (dua ratus lima puluh ribu) jiwa, pengajuan perselisihan perolehan suara dilakukan jika terdapat perbedaan paling banyak sebesar 2% (dua persen) dari penetapan hasil perhitungan perolehan suara oleh KPU Kabupaten/ Kota.” (Baca : Undang-Undang Republik Indonesia  Nomor 8 Tahun 2015).

Data rekapitulasi perolehan suara sementara oleh KPU di laman Pilkada2015.kpu.go.id/meraukekab sampai dengan pagi ini menunjukkan, Pasangan Frederikus Gebze, SE, M.Si – Sularso, SE memperoleh 58.255 suara atau 63,45% sedangkan Pasangan Drs. Romanus Mbaraka, MT – Sugiyanto, SH, MM memperoleh 33.562 suara atau 36,55%.

Rekapitulasi KPU sudah rampubg 91,70% dari 409 TPS. Pasangan Freddy-Larso unggul 26,90% dari Romanus Mbaraka - Sugiyanto. (Foto : Tribunarafura.com)

Rekapitulasi KPU sudah rampung 91,70% dari 409 TPS. Pasangan Freddy-Larso unggul 26,90% dari Romanus Mbaraka – Sugiyanto. (Foto : Tribunarafura.com)

Dari data rekap itu terlihat selisih presentase perolehan suara kedua kandidat ini adalah sebesar 63,45% – 36,55% = 26,90%.

Sedangkan data Quick Count yang dirilis Media Center Pasangan Frederikus Gebze  – Sularso pada Selasa (15/12) kemarin menunjukkan pasangan Frederikus Gebze, SE, M.Si – Sularso, SE memperoleh 60% suara sementara Pasangan Drs. Romanus Mbaraka, MT – Sugiyanto, SH, MM memperoleh 40% suara atau ada selisih sebesar 60% – 40% = 20%.

Data valid di  laman Pilkada2015.kpu.go.id/meraukekab yang dicatat sebesar 91,70% adalah data 409 TPS dari total 446 TPS yang tersebar di 20 Distrik se- Kabupaten Merauke.

Pleno penetapan perolehan suara Pilkada Merauke 2015 untuk menentukan siapa pemenang Pilkada akan dilakukan oleh KPUD Merauke Kamis (17/12) besok.

Mengantisipasi kericuhan yang mungkin terjadi saat pengumuman pemenang Pilkada, Polres Merauke hari ini, Rabu (16/12) akan melakukan rapat konsolidasi dengan kedua pasangan calon Bupati-Wakil Bupati serta para pendukung masing-masing pasangan, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat.

Pintu MK dipastikan tertutup bagi penggugat hasil perolehan suara Pilkada Merauke 2015 karena selisih perolehan suara kedua kandidat melebihi 2%. (Foto : Tribunarafura.com).

Pintu MK dipastikan tertutup bagi penggugat hasil perolehan suara Pilkada Merauke 2015 karena selisih perolehan suara kedua kandidat melebihi 2%. (Foto : Tribunarafura.com).

Presiden Joko Widodo dalam kicauannya di akun Twitter @jokowi pada 9  Desember 2015 menulis “Pilkada hari ini adalah kegembiraan politik yang kita meriahkan bersama-sama, yang menang jangan jumawa, yang kalah jangan ngamuk – Jkw”.

Incumbent Pilkada Merauke Drs. Romanus Mbaraka, MT beberapa hari lalu menyatakan sikap legowo dan mengakui kemenangan Pasangan Frederikus Gebze, SE, M.Si – Sularso, SE dan meminta Tim Sukses-nya untuk mengintrospeksi diri dan mengevaluasi kinerja mereka. (Baca : Pilkada Merauke : Romanus Mbaraka Akui Kemenangan Fredy-Sularso, Himbau Tim Sukses-nya Evaluasi Kinerja).

Sikap ksatria Drs. Romanus Mbaraka, MT dinilai banyak pihak sebagai sikap bijaksana yang lebih mengutamakan kepentingan rakyat dan pembangunan bumi Anim Ha. [TA].

Iklan
About Tribun Arafura (121 Articles)
Media Online

1 Trackback / Pingback

  1. Pilkada Merauke : KPUD Merauke Tetapkan Perolehan Suara, Fredy-Larso Raih Suara Terbanyak | Tribun Arafura

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: